Silabus Akidah Akhlak Untuk kelas VII Mts
Madrasah :
MTs
Mata Pelajaran : Akidah-Akhlak
Kelas / Semester : VII / I
Standar Kompetensi :
Akidah
1. Memahami Dasar dan Tujuan Akidah Islam
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
TEKNIK PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
|
1.1
|
Menjelaskan Dasar dan Tujuan
Akidah Islam
|
Dasar dan Tujuan Akidah Islam
|
Ø Siswa secara berkelompok beradu cepat memasangkan kalimat tentang pengertian, dasar, dan
tujuan akidah Islam
Ø Kelompok diminta saling menilai hasil
adu cepat dengan membaca buku tentang pengertian, dasar, dan tujuan akidah Islam.
Ø Bertanya jawab tentang hal-hal yang
berkaitan dengan pengertian, dasar, dan tujuan akidah Islam
Ø Memberikan penguatan temuan siswa
tentang dasar Membaca dan menelaah berbagai literatur agar dapat
menjelaskan Dasar dan Tujuan Akidah Islam
|
§ Menjelaskan pengertian Akidah menurut bahasa dan
istilah
§ Menjelaskan tujuan mempelajari Akidah Islam
§ Dapat menyebutkan dasar–dasar dan
tujuan akidah Islam
|
§ Tes tulis
§ Tes tulis
§ Tes Lisan
|
2 x 40’
|
§ Buku Teks
Nara Sumber
|
|
1.2
|
Menunjukkan dalil tentang dasar dan tujuan Akidah Islam
|
Dalil tentang dasar dan tujuan
Akidah Islam
|
Ø Siswa diminta membaca dalil-dalil tentang dasar-dasar akidah
Islam dan tujuan akidah Islam melalui
indeks Al-Qur’an
Ø Siswa diminta menuliskan 3 pertanyaan
dan jawaban berkaitan dengan dasar dan tujuan akidah Islam yang telah dibaca
Ø Siswa diatur untuk saling bertanya dan guru memberikan skor
Ø Guru dan siswa menyimpulkan
pengertian, dasar, dan tujuan akidah
Ø Membaca dan menelaah berbagai
literatur untuk dapat menunjukkan dalil tentang dasar dan tujuan Akidah Islam
|
§ Menunjukkan dalil yang berkaitan dengan dasar Akidah
Islam
§ Dapat menyebutkan dalil-dalil tentang dasar-dasar
akidah Islam
§ Dapat menyebutkan dalil-dalil tentang tujuan akidah
Islam
§ Hafal dalil-dalil tentang dasar-dasar akidah Islam
§ Hafal dalil-dalil tentang tujuan akidah Islam
|
§ Tes tulis
§ Tes tulis
§ Tes Lisan
§ Penugasan
§ Penugasan
|
2 x 40’
|
§ Buku Teks
Nara Sumber
|
|
1.3
|
Menjelaskan hubungan Iman, Islam
dan Ihsan
|
Hubungan Iman, Islam dan Ihsan
|
Ø Bertanya jawab tentang pengertian iman, Islam, dan Ihsan
Ø Menggambarkan diagram hubungan
iman, Islam, dan ihsan
Ø Menjelaskan dengan kalimat hubungan
iman, Islam, dan ihsan
Ø Membaca dan menelaah berbagai
literatur untuk dapat menjelaskan pengertian, perbedaan dan hubungan Iman,
Islam dan Ihsan
|
§ Menjelaskan pengertian Iman, Islam dan Ihsan
§ Menjelaskan perbedaan antara Iman, Islam dan Ihsan
§ Menjelaskan hubungan Iman, Islam dan Ihsan
|
§ Tes tulis
§ Tes tulis
§ Tes tulis
|
2 x 40’
|
§ Buku Teks
Nara Sumber
|
|
1.4
|
Menunjukkan dalil tentang Iman,
Islam dan Ihsan
|
Dalil tentang Iman, Islam dan
Ihsan
|
Ø Menanyakan kepada siswa tentang iman,
Islam, dan Ihsan
Ø Diskusi kelompok tentang ayat-ayat
dalam Al-Qur’an yang menjelaskan tentang iman, Islam, dan Ihsan (siswa dibagi
3 kelompok)
Ø Meminta kepada kelompok untuk membaca
hasil diskusi tentang ayat-ayat Al-Qur’an yang menjelaskan tentang iman,
Islam, dan ihsan
Ø Meminta siswa untuk menghafal ayat
Al-Qur’an yang menjelaskan tentang iman, Islam, dan ihsan
Ø Meminta siswa mengidentifikasi
nama-nama surat dalam al-Qur’an yang menjelaskan tentang sifat-sifat wajib,
mustahil, dan jaiz bagi Allah SWT.
Ø Memberikan penguatan tentang dalil
iman, Islam, dan ihsan
Ø Membaca dan menelaah berbagai
literatur untuk dapat
Ø menunjukkan dalil yang berkaitan
dengan Iman, Islam dan Ihsan
|
§ Menunjukkan dalil yang berkaitan dengan Iman
§ Menunjukkan dalil yang berkaitan dengan Islam
§ Menunjukkan dalil yang berkaitan dengan Ihsan
§ Dapat membaca ayat-ayat dalam Al-Qur’an yang
menjelaskan tentang iman, Islam, dan ihsan
§ Dapat menguraikan ayat-ayat dalam Al-Qur’an yang
menjelaskan tentang iman, Islam, dan ihsan.
§ Hafal ayat-ayat dalam Al-Qur’an yang menjelaskan
tentang iman, Islam, dan ihsan.
§ Dapat menyebutkan surat dalam Al-Qur’an yang
menjelaskan tentang iman, Islam, dan ihsan
|
§ Tes tulis
§ Tes tulis
§ Tes tulis
§ Tes Lisan
§ Tes tulis
§ Penugasan
§ Tes Lisan
|
2 x 40’
|
§ Buku Teks
Nara Sumber
|
Standar Kompetensi : 2. Meningkatkan keimanan kepada Allah
melalui pemahaman sifat-sifat Nya
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
TEKNIK
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
||||
2.1
|
Mengidentifikasi sifat-sifat wajib
Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah.
|
Sifat wajib bagi Allah SWT yang
nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah
|
Ø Menelaah berbagai literatur untuk
dapat menyebutkan dan menjelaskan sifat-sifat wajib bagi Allah SWT dan
mengklasifikasikannya sesuai dengan sifat nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan
ma’nawiyah
Ø Diskusi berkelompok tentang
sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah.
Ø Meminta siswa mengidentifikasi
sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah.
Ø Guru dan siswa menyimpulkan
sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah.
|
§ Menjelaskan pengertian sifat-sifat wajib bagi Allah
SWT.
§ menghafal sifat-sifat wajib bagi Allah SWT.
§ Menunjukkan klasifikasi sifat-sifat wajib Allah yang
nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah.
§ Menunjukkan dalil tentang sifat-sifat wajib bagi Allah
SWT.
|
§ Tes tulis
§ Tes Lisan
§ Tes Lisan
§ Tes tulis
|
2 x 40’
|
§ Buku Teks
Nara Sumber
|
||||
2.2
|
Menunjukkan bukti/dalil naqli dan
aqli dari sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan
ma’nawiyah.
|
Bukti/dalil tanda-tanda adanya
Allah
|
Ø Mengamati fenomena alam yang terjadi
di lingkungan sekitarnya untuk menemukan tanda-tanda kekuasaan Allah dan
meyakini keberadaan-Nya.
Ø Siswa diminta membaca dalil-dalil tentang naqli dan aqli dari
sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah.
Ø Diskusi berkelompok tentang naqli dan
aqli dari sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan
ma’nawiyah.
Ø Meminta siswa Menunjukkan bukti/dalil
naqli dan aqli dari sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani
dan ma’nawiyah.
Ø Guru dan siswa menyimpulkan
bukti/dalil naqli dan aqli dari sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah,
salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah.
|
§ Menyebutkan tanda-tanda adanya Allah melalui fenomena
alam semesta.
§ Menyebutkan tanda-tanda adanya Allah melalui
ciptaan-ciptaan-Nya.
§ Menyebutkan tanda-tanda adanya Allah melalui dalil
naqli.
|
§ Penugasan
§ Tes tulis
§ Penugasan
|
2 x 40’
|
§ Buku Teks
Nara Sumber
|
||||
2.3
|
Menguraikan sifat-sifat mustahil
dan jaiz bagi Allah SWT
|
Sifat-sifat mustahil dan jaiz bagi
Allah SWT
|
Ø Menelaah berbagai literatur untuk
dapat menyebutkan dan menjelaskan sifat-sifat mustahil dan jaiz bagi Allah
SWT
Ø Siswa diminta membaca Sifat-sifat mustahil dan jaiz bagi Allah SWT
Ø Diskusi kelompok tentang Sifat-sifat mustahil dan jaiz bagi Allah SWT
Ø Guru dan siswa menyimpulkan Sifat-sifat mustahil dan jaiz bagi Allah SWT
|
§ Menjelaskan pengertian sifat-sifat mustahil dan jaiz
bagi Allah SWT.
§ menghafal sifat-sifat mustahil dan jaiz bagi Allah SWT
dengan artinya
§ Menunjukkan dalil naqli tentang sifat-sifat mustahil
dan jaiz bagi Allah SWT
§ Menyebutkan lawan kata satu persatu antara sifat wajib dan mustahil
Allah SWT
|
§ Tes tulis
§ Tes Lisan
§ Tes Lisan
§ Tes Lisan
|
2 x 40’
|
§ Buku Teks Nara
Sumber
|
||||
2.4
|
Menunjukkan ciri-ciri/tanda
perilaku orang yang beriman kepada sifat-sifat wajib, mustahil dan Jaiz Allah
SWT dalam kehidupan sehari-hari.
|
Ciri-ciri/tanda perilaku orang
yang beriman kepada sifat-sifat wajib, mustahil dan Jaiz Allah SWT
|
Ø Mengamati fenomena lingkungan sekitar
untuk menunjukkan ciri-ciri/tanda perilaku orang yang beriman kepada
sifat-sifat wajib, mustahil dan Jaiz Allah SWT dalam kehidupan sehari-hari.
Ø Diskusi berkelompok tentang Ciri-ciri/tanda
perilaku orang yang beriman kepada sifat-sifat wajib, mustahil dan Jaiz Allah
SWT
Ø Guru dan siswa menyimpulkan
Ciri-ciri/tanda perilaku orang yang beriman kepada sifat-sifat wajib,
mustahil dan Jaiz Allah SWT
|
§ Menunjukkan ciri-ciri orang yang beriman terhadap sifat
wajib bagi Allah SWT.
§ Menunjukkan perilaku orang yang beriman terhadap sifat
jaiz bagi Allah SWT.
§ Menunjukkan keutamaan orang-orang yang beriman terhadap sifat Allah SWT.
|
§ Tes tulis
§ Penugasan
|
2 x 40’
|
§ Buku Teks
Nara Sumber
|
Standar Kompetensi : Akhlak
3. Menunjukkan akhlak terpuji kepada Allah
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
TEKNIK
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
3.1
|
Menjelaskan pengertian dan
pentingnya ikhlas, taat, khauf dan taubat.
|
Akhlak terpuji pada Allah (ikhlas,
taat, khauf dan taubat)
|
Ø Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk dapat
menjelaskan pengertian dan pentingnya ikhlas, taat, khauf dan taubat
Ø Bertanya jawab tentang pengertian dan pentingnya ikhlas, taat, khauf dan taubat
Ø Siswa secara berkelompok Menjelaskan pengertian
dan pentingnya ikhlas, taat, khauf dan taubat
Ø Guru dan siswa menyimpulkan Akhlak terpuji pada Allah (ikhlas, taat, khauf dan taubat)
|
§ Menjelaskan pengertian dan pentingnya ikhlas.
§ Menjelaskan pengertian dan pentingnya taat.
§ Menjelaskan pengertian dan pentingnya khauf.
§ Menjelaskan pengertian dan pentingnya taubat.
|
§ Tes tulis
§ Tes tulis
§ Tes tulis
§ Tes tulis
|
2 x 40’
|
§ Buku Teks Nara Sumber
|
3.2
|
Mengidentifikasi bentuk dan
contoh-contoh sikap ikhlas, taat, khauf dan taubat
|
Bentuk dan contoh-contoh sikap
ikhlas, taat, khauf dan taubat
|
Ø Mengamati lingkungan sekitar untuk mengenali bentuk dan contoh-contoh sikap ikhlas,
taat, khauf dan taubat
Ø Siswa secara berkelompok tentang contoh-contoh sikap ikhlas, taat, khauf dan taubat
Ø Bertanya jawab tentang Bentuk dan contoh-contoh sikap ikhlas, taat, khauf dan taubat
Ø Guru dan siswa menyimpulkan Bentuk dan contoh-contoh sikap ikhlas, taat, khauf dan taubat
|
§ Menyebutkan bentuk dan contoh-contoh sikap ikhlas,
taat, khauf dan taubat.
§ Menunjukkan ciri-ciri orang yang memiliki sikap ikhlas,
taat, khauf dan taubat
|
§ Tes Lisan
§ Tes Lisan
|
2 x 40’
|
§ Buku Teks Nara Sumber
|
3.3
|
Menunjukkan nilai-nilai positif
dari ikhlas, taat, khauf dan taubat dalam fenomena kehidupan
|
Nilai-nilai positif dari ikhlas,
taat, khauf dan taubat
|
Ø Mengamati lingkungan sekitar untuk menunjukkan nilai-nilai
positif dari ikhlas, taat, khauf dan taubat dalam fenomena kehidupan
Ø Menanyakan kepada siswa tentang Nilai-nilai positif dari ikhlas, taat,
khauf dan taubat
Ø Diskusi kelompok tentang Nilai-nilai positif dari ikhlas, taat, khauf dan taubat
Ø Meminta kepada kelompok untuk membaca
hasil diskusi tentang Nilai-nilai positif dari ikhlas,
taat, khauf dan taubat
Ø Meminta siswa mengidentifikasi Nilai-nilai positif dari ikhlas, taat, khauf dan taubat
Ø Guru dan siswa menyimpulkan Nilai-nilai positif dari ikhlas, taat, khauf dan taubat
|
§ Menyebutkan nilai-nilai positif dari ikhlas dalam
fenomena kehidupan
§ Menyebutkan nilai-nilai positif dari taat dalam
fenomena kehidupan
§ Menyebutkan nilai-nilai positif dari khauf dalam
fenomena kehidupan
§ Menyebutkan nilai-nilai positif dari taubat dalam
fenomena kehidupan
|
§ Tes Lisan
§ Tes Lisan
§ Tes Lisan
§ Tes
Lisan
|
2 x 40
|
§ Buku Teks Nara Sumber
|
3.4
|
Membiasakan perilaku ikhlas, taat,
khauf dan taubat dalam kehidupan sehari-hari
|
Perilaku Ikhlas, Taat, Khauf Dan
Taubat Dalam Kehidupan Sehari-Hari
|
Ø Mempraktikkan perilaku terpuji (ikhlas, taat, khauf dan
taubat) bersama teman-teman dan guru-gurunya di Madrasah.
Ø Menanyakan kepada siswa tentang Akhlak terpuji pada Allah (ikhlas, taat, khauf dan taubat)
Ø Diskusi kelompok tentang Akhlak terpuji pada Allah (ikhlas, taat, khauf dan taubat)
Ø Meminta siswa mengidentifikasi perilaku ikhlas, taat, khauf dan taubat dalam kehidupan sehari-hari
Ø Meminta kepada kelompok untuk membaca
hasil diskusi tentang Akhlak terpuji pada Allah
(ikhlas, taat, khauf dan taubat)
Ø Guru dan siswa menyimpulkan Akhlak terpuji pada Allah (ikhlas, taat, khauf dan taubat)
|
§ Menunjukkan contoh sikap ikhlas, taat, khauf dan taubat
dalam lingkungan keluarga.
§ Menunjukkan contoh sikap ikhlas, taat, khauf dan taubat
dalam lingkungan Madrasah.
§ Menunjukkan contoh sikap ikhlas, taat, khauf dan taubat
dalam lingkungan masyarakat.
|
§ Portofolio
§ Portofolio
§ Portofolio
|
2 x 40
|
§ Buku Teks Nara Sumber
|
Madrasah :
MTs
Mata Pelajaran : Akidah-Akhlak
Kelas / Semester : VII / II
Standar Kompetensi: Akidah
4. Memahami Asmaul Husna
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
TEKNIK
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
4.1
|
Menguraikan 10 Asmaul Husna
(Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah,
Al-‘Adl, Al-Qayyum)
|
10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz,
Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah,
Al-‘Adl, Al-Qayyum)
|
Ø Menelaah berbagai literatur untuk dapat menyebutkan dan
menjelaskan 10 Asmaul Husna
Ø Siswa diminta membaca 10 Asmaul Husna
Ø Menanyakan kepada siswa tentang 10 Asmaul Husna
Ø Siswa diminta untuk Menguraikan 10 Asmaul Husna
Ø Diskusi kelompok tentang Menguraikan 10 Asmaul Husna
Ø Guru dan siswa menyimpulkan 10 Asmaul Husna
|
§ Menjelaskan pengertian Asma’ul Husna
§ Menyebutkan dalil yang berkaitan dengan 10 Asmaul Husna
§ Menyebutkan arti
10 Asmaul Husna
§ Menjelaskan isi kandungan 10 Asma’ul Husna
|
§ Tes tulis
§ Tes Lisan
§ Tes tulis
|
2 x 40
|
§ Buku Teks Nara Sumber
|
4.2
|
Menunjukkan bukti kebenaran
tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10 Asmaul Husna
(Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’,
Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
|
10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz,
Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah,
Al-‘Adl, Al-Qayyum)
|
Ø Mengamati lingkungan sekitarnya untuk menemukan bukti
kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10 Asmaul
Husna.
Ø Siswa diminta membaca bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10
Asmaul Husna
Ø Menanyakan kepada siswa tentang bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10
Asmaul Husna
Ø Diskusi kelompok tentang bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10
Asmaul Husna
Ø Guru dan siswa menyimpulkan bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10
Asmaul Husna
|
§ Menyebutkan bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah
melalui sifat-Nya dalam 10 Asmaul Husna dari lingkungan sekitar.
§ Menyebutkan bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah
melalui sifat-Nya dalam 10 Asmaul Husna dari makhluq ciptaan-Nya.
|
§ Penugasan
§ Penugasan
|
2 x 40
|
§ Buku Teks Nara Sumber
|
4.3
|
Menunjukkan perilaku orang yang
mengamalkan 10 al-Asma al-Husna (Al-‘Aziz, Al-Ghaffar, Al-Baasith, An-Naafi’,
Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
|
10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz,
Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah,
Al-‘Adl, Al-Qayyum)
|
Ø Mengamati lingkungan sekitar untuk mengenali perilaku orang yang mengamalkan 10 al-Asma al-Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u,
Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl,
Al-Qayyum) yang dapat diteladani oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari
Ø Siswa diatur untuk saling bertanya dan guru memberikan skor
Ø Menanyakan kepada siswa tentang contoh perilaku orang yang mengamalkan 10 al-Asma al-Husna
Ø Diskusi kelompok tentang yang mengamalkan 10 al-Asma al-Husna
Ø Guru dan siswa menyimpulkan tentang yang mengamalkan 10 al-Asma al-Husna
|
§ Menyebutkan bentuk dan contoh-contoh perilaku orang
yang mengamalkan 10 al-Asma al-Husna
(Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’,
Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum) yang dapat diteladani oleh manusia dalam
kehidupan sehari-hari
§ Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan 10 al-Asma
al-Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar,
Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
|
§ Penugasan
§ Penugasan
|
2
x 40
|
§ Buku Teks Nara Sumber
|
4.4
|
Meneladani sifat-sifat Allah yang
terkandung dalam 10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf,
Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum) dalam
kehidupan sehari-hari
|
10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz,
Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah,
Al-‘Adl, Al-Qayyum)
|
Ø Mempraktikkan sikap yang menunjukkan sifat-sifat Allah
yang terkandung dalam 10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’,
Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
dalam kehidupan sehari-hari
Ø Diskusi kelompok tentang Meneladani sifat-sifat Allah yang terkandung dalam 10 Asmaul Husna
Ø Guru dan siswa menyimpulkan tentang Meneladani sifat-sifat Allah yang terkandung dalam 10 Asmaul Husna
|
§ Mengamalkan sifat-sifat Allah yang terkandung 10 Asmaul
Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar,
Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum) dalam lingkungan keluarga.
§ Mengamalkan sifat-sifat Allah yang terkandung 10 Asmaul
Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar,
Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum) dalam lingkungan sekolah.
|
§ Tes unjuk kerja
§ Tes unjuk kerja
|
2
x 40
|
§ Buku Teks Nara Sumber
|
Standar Kompetensi : 5. Meningkatkan keimanan kepada
malaikat-malaikat Allah SWT dan makhluk ghaib selain malaikat
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
TEKNIK PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
5.1
|
Menjelaskan pengertian beriman
kepada malaikat Allah SWT dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan
setan
|
Iman kepada malaikat Allah SWT dan
makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan
|
Ø Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk dapat
menjelaskan pengertian beriman kepada malaikat Allah SWT dan makhluk ghaib
lainnya seperti jin, iblis dan setan dengan benar.
Ø Bertanya jawab tentang beriman kepada malaikat Allah SWT dan makhluk ghaib lainnya seperti jin,
iblis dan setan
Ø Kelompok diminta saling menilai hasil
adu cepat dengan membaca buku beriman kepada malaikat Allah SWT dan makhluk ghaib lainnya seperti jin,
iblis dan setan
Ø Diskusi kelompok tentang beriman kepada malaikat Allah SWT dan makhluk ghaib lainnya seperti jin,
iblis dan setan
Ø Guru dan siswa menyimpulkan tentang beriman kepada malaikat Allah SWT dan makhluk ghaib lainnya seperti jin,
iblis dan setan
|
§ Menjelaskan pengertian beriman kepada malaikat Allah
SWT.
§ Menunjukkan dalil naqli tentang adanya malaikat Allah
SWT.
§ Menjelaskan pengertian makhluk ghoib seperti jin, iblis
dan setan
§ Menunjukkan dalil naqli tentang jin, iblis dan setan
|
§ Tes tulis
§ Tes tulis
§ Tes tulis
§ Tes Lisan
|
1 x 40
|
§ Buku Teks Nara Sumber
|
5.2
|
Menunjukkan bukti/dalil kebenaran
adanya malaikat Allah dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan
|
Bukti/dalil kebenaran adanya
malaikat Allah dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan
|
Ø Mengamati fenomena alam yang terjadi di lingkungan
sekitar untuk menemukan bukti/dalil kebenaran adanya malaikat Allah dan
makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan
Ø Diskusi kelompok tentang Bukti/dalil kebenaran adanya malaikat Allah dan makhluk ghaib lainnya
seperti jin, iblis dan setan
Ø Guru dan siswa menyimpulkan tentang Bukti/dalil kebenaran adanya malaikat Allah dan makhluk ghaib lainnya
seperti jin, iblis dan setan
|
§ Menyebutkan tanda-tanda adanya malaikat Allah melalui
fenomena alam yang terjadi di lingkungan sekitar
§ Menyebutkan tanda-tanda adanya makhluk ghaib seperti
jin, iblis dan setan melalui fenomena alam yang terjadi di lingkungan sekitar
§ Menyebutkan tanda-tanda adanya makhluk ghaib seperti
jin, iblis dan setan melalui dalil naqli.
|
§ Penugasan
§ Tes tulis
§ Penugasan
|
1 x 40
|
§ Buku Teks Nara Sumber
|
5.3
|
Menjelaskan tugas dan sifat-sifat
malaikat Allah serta makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan
|
Tugas dan sifat-sifat malaikat
Allah serta makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan
|
Ø Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk dapat
menjelaskan tugas, dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk ghaib lainnya
seperti jin, iblis dan setan
Ø Bertanya jawab tentang Tugas dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk ghaib lainnya seperti
jin, iblis dan setan
Ø Diskusi kelompok tentang Tugas dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk ghaib lainnya seperti
jin, iblis dan setan
Ø Guru dan siswa menyimpulkan tentang Tugas dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk ghaib lainnya seperti
jin, iblis dan setan
|
§ Menyebutkan nama dan tugas malaikat Allah SWT.
§ Menyebutkan sifat-sifat malaikat Allah SWT.
§ Menjelaskan keterkaitan ketaatan malaikat Allah dengan
perbuatan manusia.
§ Menyebutkan sifat-sifat makhluk ghaib seperti jin,
iblis dan setan
§ Menjelaskan perbedaan malaikat, jin, syetan dan iblis
§ Menjelaskan keterkaitan sifat jin, iblis dan setan dengan perbuatan
manusia.
|
§ Tes Lisan
§ Tes Lisan
§ Penugasan
§ Tes tulis
§ Tes tulis
|
1 x 40
|
§ Buku Teks Nara Sumber
|
5.4
|
Menunjukkan ciri-ciri/tanda-tanda
perilaku beriman kepada malaikat Allah dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan terhadap fenomena kehidupan.
|
Ciri-ciri/tanda-tanda
perilaku beriman kepada malaikat Allah
dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan terhadap fenomena
kehidupan.
|
Ø Mengamati fenomena lingkungan sekitar untuk menunjukkan
ciri-ciri/tanda-tanda perilaku beriman
kepada malaikat Allah dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan
terhadap fenomena kehidupan.
Ø Diskusi kelompok tentang Ciri-ciri/tanda-tanda perilaku
beriman kepada malaikat Allah dan makhluk ghaib lainnya seperti jin,
iblis dan setan terhadap fenomena kehidupan.
Ø Siswa diminta membaca ciri-ciri/tanda-tanda tentang perilaku beriman kepada malaikat Allah dan makhluk
ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan terhadap fenomena kehidupan.
Ø Guru dan siswa menyimpulkan tentang Ciri-ciri/tanda-tanda perilaku
beriman kepada malaikat Allah dan makhluk ghaib lainnya seperti jin,
iblis dan setan terhadap fenomena kehidupan.
|
§ Menunjukkan ciri-ciri orang yang beriman kepada
malaikat Allah melalui perilakunya
terhadap fenomena kehidupan
§ Menunjukkan ciri-ciri orang yang meyakini adanya
makhluk ghaib seperti jin, iblis dan setan melalui perilakunya terhadap
fenomena kehidupan
|
§ Tes tulis
§ Penugasan
|
1 x 40
|
§ Buku Teks Nara Sumber
|
Standar
Kompetensi : Akhlak
6. Menghindari akhlak tercela kepada Allah
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
TEKNIK PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
6.1
|
Menjelaskan pengertian riya dan
nifaq.
|
Akhlak tercela kepada Allah (riya
dan nifaq)
|
Ø Membaca dan menelaah berba-gai literatur untuk dapat
menje-laskan pengertian riya dan nifaq
Ø Diskusi kelompok tentang riya dan nifaq.
Ø Guru dan siswa menyimpulkan tentang riya dan nifaq.
|
§ Menjelaskan pengertian riya.
§ Menjelaskan pengertian nifaq
§ Dapat menguraikan pengertian riya dan nifaq.
|
§ Tes tulis
§ Tes tulis
|
1 x 40
|
§ Buku Teks Nara Sumber
|
6.2
|
Mengidentifikasi bentuk dan
contoh-contoh perbuatan riya dan nifaq
|
Bentuk dan contoh-contoh perbuatan
riya dan nifaq
|
Ø Mengamati lingkungan sekitar untuk mengenali bentuk dan contoh-contoh perbuatan riya dan
nifaq
Ø Diskusi kelompok tentang Bentuk dan contoh-contoh perbuatan riya dan nifaq
Ø Guru dan siswa menyimpulkan tentang Bentuk dan contoh-contoh perbuatan riya dan nifaq
|
§ Menyebutkan bentuk dan contoh-contoh perbuatan riya dan
nifaq
§ Menunjukkan ciri-ciri orang yang memiliki perbuatan
riya dan nifaq
|
§ Tes Lisan
§ Tes Lisan
|
1 x 40
|
§ Buku Teks Nara Sumber
|
6.3
|
Menunjukkan nilai-nilai negatif
akibat perbuatan riya dan nifaq dalam
fenomena kehidupan
|
Nilai-nilai negatif akibat
perbuatan riya dan nifaq
|
Ø Mengamati lingkungan sekitar untuk menunjukkan
nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya dan nifaq dalam fenomena kehidupan
Ø Diskusi kelompok tentang Nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya dan nifaq
Ø Guru dan siswa menyimpulkan tentang Nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya dan nifaq
|
§ Menyebutkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya
dalam fenomena kehidupan
§ Menyebutkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan nifaq
dalam fenomena kehidupan
|
§ Penugasan
§ Penugasan
|
1 x 40
|
§ Buku Teks Nara Sumber
|
6.4
|
Membiasakan diri menghindari
hal-hal yang mengarah pada perbuatan riya dan nifaq.
|
Akhlak tercela kepada Allah (riya
dan nifaq)
|
Ø Mengidentifikasi hal-hal yang mengarah pada perbuatan
riya dan nifaq sehingga ia berusaha untuk
menghindarinya.
Ø Diskusi kelompok tentang menghindari hal-hal yang mengarah pada perbuatan riya dan nifaq
Ø Guru dan siswa menyimpulkan tentang menghindari hal-hal yang mengarah pada perbuatan riya dan nifaq
|
§ Menghindari hal-hal yang mengarah pada perbuatan riya
dan nifaq.
§ Menghindari perbuatan riya dan nifaq dalam kehidupan
sehari-hari di lingkungan keluarga
§ Menghindari perbuatan riya dan nifaq dalam kehidupan
sehari-hari di lingkungan sekolah.
§ Menghindari perbuatan riya dan nifaq dalam kehidupan
sehari-hari di lingkungan masyarakat.
|
§ Tes Lisan
§ Tes Lisan
§ Tes Lisan
§ Tes Lisan
|
1 x 40
|
§ Buku Teks Nara Sumber
|
Komentar
Posting Komentar