Silabus Akidah Akhlak Untuk kelas VII Mts


Madrasah                   : MTs 
Mata Pelajaran          : Akidah-Akhlak
Kelas / Semester       : VII / I

Standar Kompetensi : Akidah
1.    Memahami Dasar dan Tujuan Akidah Islam


NO

KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR
TEKNIK PENILAIAN
ALOKASI

WAKTU

SUMBER
BELAJAR
1
2
3
4
5
6
7
8
1.1
Menjelaskan Dasar dan Tujuan Akidah Islam
Dasar dan Tujuan Akidah Islam
Ø  Siswa secara berkelompok  beradu cepat memasangkan  kalimat tentang pengertian, dasar, dan tujuan akidah Islam
Ø  Kelompok diminta saling menilai hasil adu cepat dengan  membaca buku  tentang pengertian, dasar, dan tujuan  akidah Islam.
Ø  Bertanya jawab tentang hal-hal yang berkaitan dengan pengertian, dasar, dan tujuan akidah Islam
Ø  Memberikan penguatan temuan siswa tentang dasar Membaca dan menelaah berbagai literatur agar dapat menjelaskan Dasar dan Tujuan Akidah Islam
§  Menjelaskan pengertian Akidah menurut bahasa dan istilah
§  Menjelaskan tujuan mempelajari Akidah Islam
§  Dapat menyebutkan dasar–dasar dan tujuan akidah Islam
§  Tes tulis
§  Tes tulis
§  Tes Lisan












2 x 40’




§  Buku Teks
Nara Sumber

1.2
Menunjukkan dalil tentang dasar dan tujuan Akidah Islam
Dalil tentang dasar dan tujuan Akidah Islam
Ø  Siswa diminta membaca  dalil-dalil tentang dasar-dasar akidah Islam dan tujuan akidah Islam  melalui indeks Al-Qur’an
Ø  Siswa diminta menuliskan 3 pertanyaan dan jawaban berkaitan dengan dasar dan tujuan akidah Islam yang telah dibaca
Ø  Siswa diatur untuk  saling bertanya dan guru memberikan skor
Ø  Guru dan siswa menyimpulkan pengertian, dasar, dan tujuan akidah
Ø  Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk dapat menunjukkan dalil tentang dasar dan tujuan Akidah Islam
§  Menunjukkan dalil yang berkaitan dengan dasar Akidah Islam
§  Dapat menyebutkan dalil-dalil tentang dasar-dasar akidah Islam
§  Dapat menyebutkan dalil-dalil tentang tujuan akidah Islam
§  Hafal dalil-dalil tentang dasar-dasar akidah Islam
§  Hafal dalil-dalil tentang tujuan akidah Islam
§  Tes tulis
§  Tes tulis
§  Tes Lisan
§  Penugasan
§  Penugasan

2 x 40’




§  Buku Teks
    Nara Sumber

1.3
Menjelaskan hubungan Iman, Islam dan Ihsan
Hubungan Iman, Islam dan Ihsan
Ø  Bertanya jawab tentang pengertian  iman, Islam, dan Ihsan
Ø  Menggambarkan diagram  hubungan  iman, Islam, dan ihsan
Ø  Menjelaskan dengan kalimat hubungan iman, Islam, dan ihsan
Ø  Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk dapat menjelaskan pengertian, perbedaan dan hubungan Iman, Islam dan Ihsan
§  Menjelaskan pengertian Iman, Islam dan Ihsan
§  Menjelaskan perbedaan antara Iman, Islam dan Ihsan
§  Menjelaskan hubungan Iman, Islam dan Ihsan
§  Tes tulis
§  Tes tulis
§  Tes tulis
2 x 40’



§  Buku Teks
    Nara Sumber



1.4
Menunjukkan dalil tentang Iman, Islam dan Ihsan
Dalil tentang Iman, Islam dan Ihsan
Ø  Menanyakan kepada siswa tentang iman, Islam, dan Ihsan
Ø  Diskusi kelompok tentang ayat-ayat dalam Al-Qur’an yang menjelaskan tentang iman, Islam, dan Ihsan (siswa dibagi 3 kelompok)
Ø  Meminta kepada kelompok untuk membaca hasil diskusi tentang ayat-ayat Al-Qur’an yang menjelaskan tentang iman, Islam, dan ihsan
Ø  Meminta siswa untuk menghafal ayat Al-Qur’an yang menjelaskan tentang iman, Islam, dan ihsan
Ø  Meminta siswa mengidentifikasi nama-nama surat dalam al-Qur’an yang menjelaskan tentang sifat-sifat wajib, mustahil, dan jaiz bagi Allah SWT.
Ø  Memberikan penguatan tentang dalil iman, Islam, dan ihsan
Ø  Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk dapat
Ø  menunjukkan dalil yang berkaitan dengan Iman, Islam dan Ihsan

§  Menunjukkan dalil yang berkaitan dengan Iman
§  Menunjukkan dalil yang berkaitan dengan Islam
§  Menunjukkan dalil yang berkaitan dengan Ihsan
§  Dapat membaca ayat-ayat dalam Al-Qur’an yang menjelaskan tentang iman, Islam, dan ihsan
§  Dapat menguraikan ayat-ayat dalam Al-Qur’an yang menjelaskan tentang iman, Islam, dan ihsan.
§  Hafal ayat-ayat dalam Al-Qur’an yang menjelaskan tentang iman, Islam, dan ihsan.
§  Dapat menyebutkan surat dalam Al-Qur’an yang menjelaskan tentang iman, Islam, dan ihsan
§  Tes tulis
§  Tes tulis
§  Tes tulis
§  Tes Lisan
§  Tes tulis
§  Penugasan
§  Tes Lisan
2 x 40’









§  Buku Teks
    Nara Sumber







Standar Kompetensi : 2. Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui pemahaman sifat-sifat Nya

NO

KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR
TEKNIK
ALOKASI

WAKTU

SUMBER
BELAJAR

1

2
3

4

5
6
7
8
2.1
Mengidentifikasi sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah.
Sifat wajib bagi Allah SWT yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah
Ø  Menelaah berbagai literatur untuk dapat menyebutkan dan menjelaskan sifat-sifat wajib bagi Allah SWT dan mengklasifikasikannya sesuai dengan sifat nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah
Ø  Diskusi berkelompok tentang sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah.
Ø  Meminta siswa mengidentifikasi sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah.
Ø  Guru dan siswa menyimpulkan sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah.

§  Menjelaskan pengertian sifat-sifat wajib bagi Allah SWT.
§  menghafal sifat-sifat wajib bagi Allah SWT.
§  Menunjukkan klasifikasi sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah.
§  Menunjukkan dalil tentang sifat-sifat wajib bagi Allah SWT.
§  Tes tulis
§  Tes Lisan
§  Tes Lisan
§  Tes tulis
2 x 40’
§  Buku Teks
Nara Sumber


2.2
Menunjukkan bukti/dalil naqli dan aqli dari sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah.
Bukti/dalil tanda-tanda adanya Allah
Ø  Mengamati fenomena alam yang terjadi di lingkungan sekitarnya untuk menemukan tanda-tanda kekuasaan Allah dan meyakini keberadaan-Nya.
Ø  Siswa diminta membaca  dalil-dalil tentang naqli dan aqli dari sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah.
Ø  Diskusi berkelompok tentang naqli dan aqli dari sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah.
Ø  Meminta siswa Menunjukkan bukti/dalil naqli dan aqli dari sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah.
Ø  Guru dan siswa menyimpulkan bukti/dalil naqli dan aqli dari sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah.

§  Menyebutkan tanda-tanda adanya Allah melalui fenomena alam semesta.
§  Menyebutkan tanda-tanda adanya Allah melalui ciptaan-ciptaan-Nya.
§  Menyebutkan tanda-tanda adanya Allah melalui dalil naqli.
§  Penugasan
§  Tes tulis
§  Penugasan
2 x 40’
§  Buku Teks
Nara Sumber
2.3
Menguraikan sifat-sifat mustahil dan jaiz bagi Allah SWT
Sifat-sifat mustahil dan jaiz bagi Allah SWT
Ø  Menelaah berbagai literatur untuk dapat menyebutkan dan menjelaskan sifat-sifat mustahil dan jaiz bagi Allah SWT
Ø  Siswa diminta membaca Sifat-sifat mustahil dan jaiz bagi Allah SWT 
Ø  Diskusi kelompok tentang Sifat-sifat mustahil dan jaiz bagi Allah SWT
Ø  Guru dan siswa menyimpulkan Sifat-sifat mustahil dan jaiz bagi Allah SWT

§  Menjelaskan pengertian sifat-sifat mustahil dan jaiz bagi Allah SWT.
§  menghafal sifat-sifat mustahil dan jaiz bagi Allah SWT dengan artinya
§  Menunjukkan dalil naqli tentang sifat-sifat mustahil dan jaiz bagi Allah SWT
§  Menyebutkan lawan kata satu  persatu antara sifat wajib dan mustahil Allah SWT
§  Tes tulis
§  Tes Lisan
§  Tes Lisan
§  Tes Lisan
2 x 40’
§  Buku Teks  Nara Sumber



2.4
Menunjukkan ciri-ciri/tanda perilaku orang yang beriman kepada sifat-sifat wajib, mustahil dan Jaiz Allah SWT dalam kehidupan sehari-hari.
Ciri-ciri/tanda perilaku orang yang beriman kepada sifat-sifat wajib, mustahil dan Jaiz Allah SWT
Ø  Mengamati fenomena lingkungan sekitar untuk menunjukkan ciri-ciri/tanda perilaku orang yang beriman kepada sifat-sifat wajib, mustahil dan Jaiz Allah SWT dalam kehidupan sehari-hari.
Ø  Diskusi berkelompok tentang Ciri-ciri/tanda perilaku orang yang beriman kepada sifat-sifat wajib, mustahil dan Jaiz Allah SWT
Ø  Guru dan siswa menyimpulkan Ciri-ciri/tanda perilaku orang yang beriman kepada sifat-sifat wajib, mustahil dan Jaiz Allah SWT

§  Menunjukkan ciri-ciri orang yang beriman terhadap sifat wajib bagi Allah SWT.
§  Menunjukkan perilaku orang yang beriman terhadap sifat jaiz bagi Allah SWT.
§  Menunjukkan keutamaan orang-orang  yang beriman terhadap sifat Allah SWT.
§  Tes tulis
§  Penugasan
2 x 40’
§  Buku Teks
Nara Sumber




Standar Kompetensi            : Akhlak
3. Menunjukkan akhlak terpuji kepada Allah

NO

KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR
TEKNIK
ALOKASI

WAKTU

SUMBER
BELAJAR

1

2
3

4

5
6
7
8
3.1
Menjelaskan pengertian dan pentingnya ikhlas, taat, khauf dan taubat.
Akhlak terpuji pada Allah (ikhlas, taat, khauf dan taubat)
Ø  Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk dapat menjelaskan pengertian dan pentingnya ikhlas, taat, khauf dan taubat
Ø  Bertanya jawab tentang pengertian dan pentingnya ikhlas, taat, khauf dan taubat
Ø  Siswa secara berkelompok  Menjelaskan pengertian dan pentingnya ikhlas, taat, khauf dan taubat
Ø  Guru dan siswa menyimpulkan Akhlak terpuji pada Allah (ikhlas, taat, khauf dan taubat)

§  Menjelaskan pengertian dan pentingnya ikhlas.
§  Menjelaskan pengertian dan pentingnya taat.
§  Menjelaskan pengertian dan pentingnya khauf.
§  Menjelaskan pengertian dan pentingnya taubat.
§  Tes tulis
§  Tes tulis
§  Tes tulis
§  Tes tulis
2 x 40’
§  Buku Teks Nara Sumber
3.2
Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh sikap ikhlas, taat, khauf dan taubat


Bentuk dan contoh-contoh sikap ikhlas, taat, khauf dan taubat



Ø  Mengamati lingkungan sekitar untuk mengenali  bentuk dan contoh-contoh sikap ikhlas, taat, khauf dan taubat
Ø  Siswa secara berkelompok  tentang contoh-contoh sikap ikhlas, taat, khauf dan taubat
Ø  Bertanya jawab tentang Bentuk dan contoh-contoh sikap ikhlas, taat, khauf dan taubat
Ø  Guru dan siswa menyimpulkan Bentuk dan contoh-contoh sikap ikhlas, taat, khauf dan taubat
§  Menyebutkan bentuk dan contoh-contoh sikap ikhlas, taat, khauf dan taubat.
§  Menunjukkan ciri-ciri orang yang memiliki sikap ikhlas, taat, khauf dan taubat



§  Tes Lisan
§  Tes Lisan
2 x 40’
§  Buku Teks Nara Sumber
3.3
Menunjukkan nilai-nilai positif dari ikhlas, taat, khauf dan taubat dalam fenomena kehidupan
Nilai-nilai positif dari ikhlas, taat, khauf dan taubat
Ø  Mengamati lingkungan sekitar untuk menunjukkan nilai-nilai positif dari ikhlas, taat, khauf dan taubat dalam fenomena kehidupan
Ø  Menanyakan kepada siswa tentang Nilai-nilai positif dari ikhlas, taat,
 khauf dan taubat
Ø  Diskusi kelompok tentang Nilai-nilai positif dari ikhlas, taat, khauf dan taubat
Ø  Meminta kepada kelompok untuk membaca hasil diskusi tentang Nilai-nilai positif dari ikhlas, taat, khauf dan taubat
Ø  Meminta siswa mengidentifikasi Nilai-nilai positif dari ikhlas, taat, khauf dan taubat
Ø  Guru dan siswa menyimpulkan Nilai-nilai positif dari ikhlas, taat, khauf dan taubat

§  Menyebutkan nilai-nilai positif dari ikhlas dalam fenomena kehidupan
§  Menyebutkan nilai-nilai positif dari taat dalam fenomena kehidupan
§  Menyebutkan nilai-nilai positif dari khauf dalam fenomena kehidupan
§  Menyebutkan nilai-nilai positif dari taubat dalam fenomena kehidupan

§  Tes Lisan
§  Tes Lisan
§  Tes Lisan
§  Tes Lisan
2 x 40
§  Buku Teks Nara Sumber



3.4
Membiasakan perilaku ikhlas, taat, khauf dan taubat dalam kehidupan sehari-hari
Perilaku Ikhlas, Taat, Khauf Dan Taubat Dalam Kehidupan Sehari-Hari
Ø  Mempraktikkan perilaku terpuji (ikhlas, taat, khauf dan taubat) bersama teman-teman dan guru-gurunya di Madrasah.
Ø  Menanyakan kepada siswa tentang Akhlak terpuji pada Allah (ikhlas, taat, khauf dan taubat)
Ø  Diskusi kelompok tentang Akhlak terpuji pada Allah (ikhlas, taat, khauf dan taubat)
Ø  Meminta siswa mengidentifikasi perilaku ikhlas, taat, khauf dan taubat dalam kehidupan sehari-hari
Ø  Meminta kepada kelompok untuk membaca hasil diskusi tentang Akhlak terpuji pada Allah (ikhlas, taat, khauf dan taubat)
Ø  Guru dan siswa menyimpulkan Akhlak terpuji pada Allah (ikhlas, taat, khauf dan taubat)
§  Menunjukkan contoh sikap ikhlas, taat, khauf dan taubat dalam lingkungan keluarga.
§  Menunjukkan contoh sikap ikhlas, taat, khauf dan taubat dalam lingkungan Madrasah.
§  Menunjukkan contoh sikap ikhlas, taat, khauf dan taubat dalam lingkungan masyarakat.

§  Portofolio
§  Portofolio
§  Portofolio







2 x 40
§  Buku Teks Nara Sumber


Madrasah                   : MTs 
Mata Pelajaran          : Akidah-Akhlak
Kelas / Semester       : VII / II

Standar Kompetensi: Akidah
4. Memahami Asmaul Husna

NO

KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR
TEKNIK
ALOKASI

WAKTU

SUMBER
BELAJAR

1

2
3

4

5
6
7
8
4.1
















Menguraikan 10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)











10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
Ø  Menelaah berbagai literatur untuk dapat menyebutkan dan menjelaskan 10 Asmaul Husna
Ø  Siswa diminta membaca  10 Asmaul Husna
Ø  Menanyakan kepada siswa tentang 10 Asmaul Husna
Ø  Siswa diminta untuk Menguraikan 10 Asmaul Husna
Ø  Diskusi kelompok tentang Menguraikan 10 Asmaul Husna
Ø  Guru dan siswa menyimpulkan 10 Asmaul Husna
§  Menjelaskan pengertian Asma’ul Husna
§  Menyebutkan dalil yang berkaitan dengan 10 Asmaul Husna
§  Menyebutkan arti  10 Asmaul Husna
§  Menjelaskan isi kandungan 10 Asma’ul Husna

§  Tes tulis
§  Tes Lisan
§  Tes tulis
2 x 40
§  Buku Teks Nara Sumber
4.2
Menunjukkan bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
Ø  Mengamati lingkungan sekitarnya untuk menemukan bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10 Asmaul Husna.
Ø  Siswa diminta membaca bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10 Asmaul Husna
Ø  Menanyakan kepada siswa tentang bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10 Asmaul Husna
Ø  Diskusi kelompok tentang bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10 Asmaul Husna
Ø  Guru dan siswa menyimpulkan bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10 Asmaul Husna
§  Menyebutkan bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10 Asmaul Husna dari lingkungan sekitar.
§  Menyebutkan bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10 Asmaul Husna dari makhluq ciptaan-Nya.

§  Penugasan
§  Penugasan
2 x 40
§  Buku Teks Nara Sumber
4.3
Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan 10 al-Asma al-Husna (Al-‘Aziz, Al-Ghaffar, Al-Baasith, An-Naafi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
Ø  Mengamati lingkungan sekitar untuk mengenali  perilaku orang yang mengamalkan  10 al-Asma al-Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum) yang dapat diteladani oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari
Ø  Siswa diatur untuk  saling bertanya dan guru memberikan skor
Ø  Menanyakan kepada siswa tentang contoh perilaku orang yang mengamalkan 10 al-Asma al-Husna
Ø  Diskusi kelompok tentang yang mengamalkan 10 al-Asma al-Husna
Ø  Guru dan siswa menyimpulkan tentang yang mengamalkan 10 al-Asma al-Husna
§  Menyebutkan bentuk dan contoh-contoh perilaku orang yang mengamalkan  10 al-Asma al-Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum) yang dapat diteladani oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari
§  Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan 10 al-Asma al-Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
§  Penugasan
§  Penugasan
2 x 40
§  Buku Teks Nara Sumber



4.4
Meneladani sifat-sifat Allah yang terkandung dalam 10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum) dalam kehidupan sehari-hari
10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum)
Ø  Mempraktikkan sikap yang menunjukkan sifat-sifat Allah yang terkandung dalam 10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum) dalam kehidupan sehari-hari
Ø  Diskusi kelompok tentang Meneladani sifat-sifat Allah yang terkandung dalam 10 Asmaul Husna
Ø  Guru dan siswa menyimpulkan tentang Meneladani sifat-sifat Allah yang terkandung dalam 10 Asmaul Husna

§  Mengamalkan sifat-sifat Allah yang terkandung 10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum) dalam lingkungan keluarga.
§  Mengamalkan sifat-sifat Allah yang terkandung 10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum) dalam lingkungan sekolah.
§  Tes unjuk kerja
§  Tes unjuk kerja
2 x 40
§  Buku Teks Nara Sumber



Standar Kompetensi : 5. Meningkatkan keimanan kepada malaikat-malaikat Allah SWT dan makhluk ghaib selain malaikat

NO

KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR
TEKNIK PENILAIAN
ALOKASI

WAKTU

SUMBER
BELAJAR

1

2
3

4

5
6
7
8
5.1
Menjelaskan pengertian beriman kepada malaikat Allah SWT dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan
Iman kepada malaikat Allah SWT dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan
Ø  Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk dapat menjelaskan pengertian beriman kepada malaikat Allah SWT dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan dengan benar.
Ø  Bertanya jawab tentang beriman kepada malaikat Allah SWT dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan
Ø  Kelompok diminta saling menilai hasil adu cepat dengan  membaca buku beriman kepada malaikat Allah SWT dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan
Ø  Diskusi kelompok tentang beriman kepada malaikat Allah SWT dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan
Ø  Guru dan siswa menyimpulkan tentang beriman kepada malaikat Allah SWT dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan
§  Menjelaskan pengertian beriman kepada malaikat Allah SWT.
§  Menunjukkan dalil naqli tentang adanya malaikat Allah SWT.
§  Menjelaskan pengertian makhluk ghoib seperti jin, iblis dan setan
§  Menunjukkan dalil naqli tentang jin, iblis dan setan
§  Tes tulis
§  Tes tulis
§  Tes tulis
§  Tes Lisan
1 x 40
§  Buku Teks Nara Sumber

5.2
Menunjukkan bukti/dalil kebenaran adanya malaikat Allah dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan
Bukti/dalil kebenaran adanya malaikat Allah dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan
Ø  Mengamati fenomena alam yang terjadi di lingkungan sekitar untuk menemukan bukti/dalil kebenaran adanya malaikat Allah dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan
Ø  Diskusi kelompok tentang Bukti/dalil kebenaran adanya malaikat Allah dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan
Ø  Guru dan siswa menyimpulkan tentang Bukti/dalil kebenaran adanya malaikat Allah dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan
§  Menyebutkan tanda-tanda adanya malaikat Allah melalui fenomena alam yang terjadi di lingkungan sekitar
§  Menyebutkan tanda-tanda adanya makhluk ghaib seperti jin, iblis dan setan melalui fenomena alam yang terjadi di lingkungan sekitar
§  Menyebutkan tanda-tanda adanya makhluk ghaib seperti jin, iblis dan setan melalui dalil naqli.
§  Penugasan
§  Tes tulis
§  Penugasan
1 x 40
§  Buku Teks Nara Sumber
5.3
Menjelaskan tugas dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan
Tugas dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan
Ø  Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk dapat menjelaskan tugas, dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan
Ø  Bertanya jawab tentang Tugas dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan
Ø  Diskusi kelompok tentang Tugas dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan
Ø  Guru dan siswa menyimpulkan tentang Tugas dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan
§  Menyebutkan nama dan tugas malaikat Allah SWT.
§  Menyebutkan sifat-sifat malaikat Allah SWT.
§  Menjelaskan keterkaitan ketaatan malaikat Allah dengan perbuatan manusia.
§  Menyebutkan sifat-sifat makhluk ghaib seperti jin, iblis dan setan
§  Menjelaskan perbedaan malaikat, jin, syetan dan iblis
§  Menjelaskan keterkaitan sifat  jin, iblis dan setan dengan perbuatan manusia.
§  Tes Lisan
§  Tes Lisan
§  Penugasan
§  Tes tulis
§  Tes tulis
§  Penugasan
1 x 40






§  Buku Teks Nara Sumber
5.4
Menunjukkan ciri-ciri/tanda-tanda perilaku  beriman kepada malaikat Allah dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan terhadap fenomena kehidupan.
Ciri-ciri/tanda-tanda perilaku  beriman kepada malaikat Allah dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan terhadap fenomena kehidupan.
Ø  Mengamati fenomena lingkungan sekitar untuk menunjukkan ciri-ciri/tanda-tanda perilaku  beriman kepada malaikat Allah dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan terhadap fenomena kehidupan.
Ø  Diskusi kelompok tentang Ciri-ciri/tanda-tanda perilaku  beriman kepada malaikat Allah dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan terhadap fenomena kehidupan.
Ø  Siswa diminta membaca  ciri-ciri/tanda-tanda tentang perilaku  beriman kepada malaikat Allah dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan terhadap fenomena kehidupan.
Ø  Guru dan siswa menyimpulkan tentang Ciri-ciri/tanda-tanda perilaku  beriman kepada malaikat Allah dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan terhadap fenomena kehidupan.
§  Menunjukkan ciri-ciri orang yang beriman kepada malaikat Allah  melalui perilakunya terhadap fenomena kehidupan
§  Menunjukkan ciri-ciri orang yang meyakini adanya makhluk ghaib seperti jin, iblis dan setan melalui perilakunya terhadap fenomena kehidupan
§  Tes tulis
§  Penugasan
1 x 40
§  Buku Teks Nara Sumber




Standar Kompetensi           : Akhlak
6. Menghindari akhlak tercela kepada Allah

NO

KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR
TEKNIK PENILAIAN
ALOKASI

WAKTU

SUMBER
BELAJAR

1

2
3

4

5
6
7
8
6.1
Menjelaskan pengertian riya dan nifaq.
Akhlak tercela kepada Allah (riya dan nifaq)
Ø  Membaca dan menelaah berba-gai literatur untuk dapat menje-laskan pengertian riya dan nifaq
Ø  Diskusi kelompok tentang riya dan nifaq.
Ø  Guru dan siswa menyimpulkan tentang riya dan nifaq.
§  Menjelaskan pengertian riya.
§  Menjelaskan pengertian nifaq
§  Dapat menguraikan pengertian riya dan nifaq.
§  Tes tulis
§  Tes tulis
1 x 40
§  Buku Teks Nara Sumber
6.2
Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perbuatan riya dan nifaq
Bentuk dan contoh-contoh perbuatan riya dan nifaq
Ø  Mengamati lingkungan sekitar untuk mengenali  bentuk dan contoh-contoh perbuatan riya dan nifaq
Ø  Diskusi kelompok tentang Bentuk dan contoh-contoh perbuatan riya dan nifaq
Ø  Guru dan siswa menyimpulkan tentang Bentuk dan contoh-contoh perbuatan riya dan nifaq
§  Menyebutkan bentuk dan contoh-contoh perbuatan riya dan nifaq
§  Menunjukkan ciri-ciri orang yang memiliki perbuatan riya dan nifaq
§  Tes Lisan
§  Tes Lisan
1 x 40
§  Buku Teks Nara Sumber
6.3
Menunjukkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya dan nifaq dalam  fenomena kehidupan
Nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya dan nifaq
Ø  Mengamati lingkungan sekitar untuk menunjukkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya dan nifaq dalam  fenomena kehidupan
Ø  Diskusi kelompok tentang Nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya dan nifaq
Ø  Guru dan siswa menyimpulkan tentang Nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya dan nifaq
§  Menyebutkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya dalam  fenomena kehidupan
§  Menyebutkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan nifaq dalam  fenomena kehidupan
§  Penugasan
§  Penugasan
1 x 40
§  Buku Teks Nara Sumber
6.4
Membiasakan diri menghindari hal-hal yang mengarah pada perbuatan riya dan nifaq.
Akhlak tercela kepada Allah (riya dan nifaq)
Ø  Mengidentifikasi hal-hal yang mengarah pada perbuatan riya dan nifaq sehingga ia berusaha untuk menghindarinya.
Ø  Diskusi kelompok tentang menghindari hal-hal yang mengarah pada perbuatan riya dan nifaq
Ø  Guru dan siswa menyimpulkan tentang menghindari hal-hal yang mengarah pada perbuatan riya dan nifaq

§  Menghindari hal-hal yang mengarah pada perbuatan riya dan nifaq.
§  Menghindari perbuatan riya dan nifaq dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan keluarga
§  Menghindari perbuatan riya dan nifaq dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah.
§  Menghindari perbuatan riya dan nifaq dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat.

§  Tes Lisan
§  Tes Lisan
§  Tes Lisan
§  Tes Lisan
1 x 40
§  Buku Teks Nara Sumber

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Pembuatan RPP

CBR 2