Makalah Pembuatan RPP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
DISUSUN OLEH :
KELOMPOK 8 (DELAPAN)
DEWI NAFISAH NASUTION (0301171307)
M. SUKRI NASUTION (0301173503)
SRI HANDAYANI (0301171286)
TIARA ANANDA (0301173471)
UMMU HABIBAH (0301171327)
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM-4 / SEMESTER-4
DOSEN PENGAMPU : Dr. H. MARDIANTO, M.Pd
JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA
T.A.
2018/2019
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Puji
syukur kehadirat Allah swt, yang senantiasa memberikan nikmat, taufik dan
hidayah-Nya untuk kami sampai dapat
menyelesaikan makalah “Strategi pembelajaran aqidah akhlak” sebagai salah satu
syarat terpenuhinya tugas dari mata kuliah tersebut. Shalawat dan salam kepada
Nabi Muhammad saw, yang diharapkan syafa’atnya di yaumul hisab kelak.
Ucapan
terima kasih penyusun kepada Bapak Drs. H. Mardianto. M.Pd yang telah bersedia
memberikan tugas pembuatan makalah ini kepada kelompok 8 (delapan). Karena,
dengan tugas tersebut memberikan kontribusi pemikiran dan semangat yang besar
untuk dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik. Serta ucapan terima kasih
penyusun kepada para rekan yang telah meluangkan waktu dan pikirannya untuk
sama-sama menyelesaikan tugas yang telah diemban ini.
Adapun
isi dari makalah ini adalah pengertian RPP, prinsip-prinsip RPP,
komponen-komponen RPP, dan langkah-langkah menyusun RPP. Adapun RPP merupakan
singkatan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. RPP ini, biasanya akan dipersiapkan
oleh guru yang akan memberikan materi pembelajarannya kepada siswa, agar materi
tersebut dapat dirumuskan dan beraturan. Sehingga, para guru tidak kewalahan
untuk memberikan materi pembelajaran kepada siswanya. Untuk penjelasan yang terperinci
telah dipaparkan pada makalah ini.
Dengan
selesainya makalah ini, kelompok 8 (delapan) selaku penyusun meminta
maaf jika ada kekurangan atau kesalahan dalam penulisan. Semoga makalah ini bermanfaat dan memberikan tambahan
ilmu bagi yang membacanya.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Medan, 14 Mei 2019
Penulis,
Kelompok 8
BAB I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Dalam rangka mengimplementasikan program pembelajaran
yang sudah dituangkan dalam silabus, maka guru harus menyusun Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). RPP merupakan pegangan bagi guru dalam
melaksanakan pembelajaran yang efektif. Oleh karena itu, apa yang tertuang di
dalam RPP memuat hal-hal yang langsung berkaitan dengan aktivitas pembelajaran
dalam upaya pencapaian penguasaan suatu Kompetensi Dasar.
Dalam menyusun RPP guru harus mencantumkan Standar
Kompetensi yang memayungi Kompetensi Dasar yang akan disusun dalam RPP nya. Di
dalam RPP secara rinci harus termuat tujuan pembelajaran, materi pembelajaran,
metode pembelajaran, langkah-langkah kegiatan pembelajaran, sumber belajar, dan
penilaian.
RPP ini dapat digunakan oleh setiap guru sebagai pedoman
umum untuk melaksanakan pembelajaran kepada peserta didiknya, karena di
dalamnya termuat petunjuk secara rinci, pertemuan demi pertemuan, mengenai
tujuan, ruang lingkup materi yang diajarkan, dan lainnya. Sehingga, para guru
tanpa merasa khawatir bahwa pembelajaran yang disampaikan keluar dari tujuan,
ruang lingkup materi, dan lainnya.
B.
Rumusan Masalah
a.
Apa pengertian dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) ?
b.
Apa tujuan pembuatan RPP ?
c.
Bagaimana prinsip-prinsip dari RPP ?
d.
Apa saja komponen-komponen dalam pembuatan RPP ?
e.
Bagimana langkah-langkah membuat RPP pada mata pelajaran
SKI ?
C. Tujuan
Penulisan
a.
Untuk mengetahui pengertian Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP).
b.
Untuk mengetahui tujuan pembuatan RPP.
c.
Untuk mengetahui prinsip-prinsip RPP.
d.
Untuk mengetahui komponen-komponen dalam pembuatan RPP.
e.
Untuk mengetahui langkah-langkah membuat RPP.
BAB II
PEMBAHASAN
PEMBAHASAN
A.
Pengertian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana
yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai
satu kompetensi dasar.[1]
Pada hakikatnya, RPP merupakan perencanaan jangka pendek untuk memperkirakan
atau memproyeksikan apa yang akan dilakukan dalam pembelajaran, sehingga para
guru tidak kewalahan dalam menentukan materi pelajaran yang akan dibahas.
Dalam
pembuatan RPP, maka perlu mengkoordinasikan komponen pembelajaran, seperti:
kompetensi dasar, materi standar, indikator hasil belajar, dan penilaian.
Kompetensi dasar berfungsi untuk mengembangkan potensi peserta didik, materi
standar berfungsi untuk memberi makna terhadap kompetensi dasar, indikator
hasil belajar berfungsi untuk memperlihatkan keberhasilan pembentukan
kompetensi peserta didik, sedangkan penilaian berfungsi untuk mengukur
pembentukan kompetensi, dan menentukan tindakan yang harus dilakukan apabila
kompetensi standar belum tercapai.
Berdasarkan
Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tanggal 23 November 2007 tentang standar proses
untuk satuan pendidikan dasar dan menengah, bahwa pengembangan Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dijabarkan dari silabus untuk mengarahkan
kegiatan belajar peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar. RPP
disusun untuk setiap Kompetensi Dasar (KD) yang dapat dilakukan dalam satu kali
pertemuan atau lebih. Guru merancang penggalan RPP untuk setiap pertemuan yang
disesuaikan dengan penjadwalan pelajaran disatuan pendidikan.[2]
B.
Tujuan Pembuatan Rencana Proses Pembelajaran (RPP)
Rencana Proses
Pembelajaran (RPP ) disusun untuk setiap KD yang dapat dilaksanakan dalam satu
kali pertemuan atau lebih. Guru merancang RPP untuk setiap peretmuan yang
disesuaikan dengan penjadwal pelajaran di suatu pendiikan.[3]
Tujuan
rencana pelaksanaan pembelajaran adalah untuk:
1) Mempermudah,
memperlancar dan meningkatkan hasil proses belajar mengajar.
2) Memberi
kesempatan bagi pendidik untuk merancang pembelajaran sesuai dengan kebutuhan
peserta didik, kemampuan pendidik dan fasilitas yang dimiliki sekolah.
3) Dengan
menyusun rencana pembelajaran secara profesional, sistematis dan berdaya guna,
maka guru akan mampu melihat, mengamati, menganalisis, dan memprediksi program
pembelajaran sebagai kerangka kerja yang logis dan terencana.[4]
C. Prinsip Prinsip Rencana Proses Pembelajaran (RPP)
Prinsip-prinsip rencana pembelajaran menurut Permendinas no
41 tahun 2007 tentang standar proses terdiri dari:
1)
Memperhatikan perbedaan individu peserta didik.
2)
Bersifat fleksibel
3)
Mendorong partisipasi aktif peserta didik.
4)
Mengembangkan budaya membaca dan menulis.
5)
Disusun untuk setiap kompetensi dasar.
6)
Memberikan umpan balik dan tindak lanjut RPP.
7)
Keterkaitan dan keterpaduan.
8)
Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi.[5]
D. Komponen-komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Adapun komponen komponen dalam rencana pelaksanaan pembelajaran adalah,
sebagai berikut:
1. Identitas
Mata Pelajaran
Identitas mata
pelajaran meliputi, satuan pendidikan, kelas, semester, program-program
keahlian, tema materi yang dibahas, dan jumlah jam petermuan.
2. Standar
Kompetensi
Standar kompetensi
merupakan kualifikasi atau kemampuan minimal peserta didik dalam menguasai
pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada setiap kelas
dan atau semester pada suatu mata pelajaran.
3. Kompetensi
Dasar
Kompetensi dasar adalah
sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta didik dalam mata pelajaran
tertentu sebagai rujukan penyusunan indikator kompetensi dalam suatu pelajaran.
4. Indikator
Pencapaian Kompetensi
Indikator kompetensi
adalah perilaku yang dapat diukur dan diobservasi untuk menunjukkan
ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian mata
pelajaran.
5. Tujuan
Pembelajaran
Tujuan pembelajaran
adalah menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh
peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar.
6. Materi
Pembelajaran
Memuat fakta, konsep,
prinsip, prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir uraian
sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi.
7. Alokasi
Waktu
Alokasi
waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar.
8.
Metode
Pembelajaran
Metode pembelajaran
yang digunakan guru hendaknya dapat menciptakan suasana belajar dan proses
pembelajaran yang kondusif agar peserta didik mencapai kompetensi dasar atau
seperangkat indikator yang telah ditetapkan. Pemilihan metode pembelajaran
disesuaikan dengan situasi dan kondisi peserta didik, karakteristik dari setiap
indikator, dan kompetensi yang hendak dicapai pada setiap mata pelajaran.
9.
Kegiatan
Pembelajaran
a. Pendahuluan
Pendahuluan merupakan
kegiatan awal dalam suatu pertemuan pembelajaran yang ditujukan untuk
membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian peserta didik untuk
berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.
b. Inti
Kegiatan inti merupakan
proses pembelajaran untuk mencapai KD. Kegiatan pembelajaran dilakukan secara
interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk
berpartisipasi aktif, dan memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa,
kreativitas, dan kemandirian sesuai bakat, minat, dan perkembangan peserta
didik.
c. Penutup
Merupakan kegiatan yang
dilakukan untuk mengakhiri aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan dalam
bentuk rangkuman atau kesimpulan, penilaian dan refleksi, umpan balik, dan
tindak lanjut.
10. Penilaian
Hasil Belajar
Prosedur dan instrumen
penilaian proses dan hasil belajar disesuaikan dengan indikator pencapaian
kompetensi dan mengacu pada standar penilaian.
11. Sumber
Belajar
Penentuan sumber
belajar didasarkna pada standar kompetensi dan kompetensi dasar, serta materi
pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi.[6]
E. Langkah Langkah Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Kuliah SKI
Langkah-langkah
dalam menyusun RPP sebagai berikut:
- Mengisi kolom identitas
- Menentukan alokasi waktu yang
dibutuhkan untuk pertemuan yang telah ditetapkan
- Menentukan SK, KD, dan
indikator yang akan digunakan (terdapat pada silabus yang telah
ditetapkan)
- Merumuskan tujuan pembelajaran
berdasarkan SK, KD, dan indikator yang telah ditentukan. Lebih rinci dari
KD dan indikator, pada saat-saat tertentu indikator sama dengan tujuan
pembelajaran karena indikator sudah sangat rinci sehingga tidak dapat
dijabarkan lagi.
- Menentukan karakter siswa yang
akan dikembangkan
- Mengidentifikasi materi ajar
berdasarkan materi pokok atau pembelajaran yang terdapat dalam silabus
materi ajar merupakan uraian dari materi pokok atau pembelajaran.
- Menentukan metode pembelajaran
yang akan digunakan
- Merumuskan langkah-langkah
pembelajaran yang terdiri dari kegiatan awal inti, dan akhir.
- Menentukan alat atau bahan atau
sumber belajar yang digunakan
- Menyusun kretiria penilaian,
lembar pengamatan, contoh soal, dll.[7]
F.
Format dan model RPP ktsp
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata
Pelajaran : .....................................................................................
Satuan
Pendidikan :
.....................................................................................
Kelas/Semester
: .....................................................................................
Pertemuan
Ke :
.....................................................................................
Alokasi
Waktu :
...................................................... Jam pembelajaran
Kompetensi dasar :
1.
..................................................................................................................
2.
..................................................................................................................
I Indikator :
1.
................................................................................................................
1.
................................................................................................................
2
.................................................................................................................
2.
................................................................................................................
Tujuan Pembelajaran :
1.
..................................................................................................................
2.
..................................................................................................................
Materi standar :
1.
..................................................................................................................
2. ..................................................................................................................
Metode Pembelajaran :
1.
..................................................................................................................
2.
..................................................................................................................
Kegiatan Pembelajaran :
1.
Kegiatan awal (Pembukaan)
a.
.................................................................................................................
b.
..................................................................................................................
2.
Kegiatan inti (Pembentukan Kompetensi)
a.
.................................................................................................................
b.
..................................................................................................................
3.
Kegiatan akhir (Penutup)
a.
..................................................................................................................
b.
..................................................................................................................
Sumber belajar :
1.
.................................................................................................................
2.
..................................................................................................................
Penilaian
Tes tulis :
........................................................................................................
a.
Kinerja (Performansi) :
...............................................................................
b.
Produk : ......................................................................................................
c.
Penugasan/Proyek :
....................................................................................
d.
Portopolio : .................................................................................................
Mengetahui
Kepala
sekolah
Guru
(...............................) (...........................) |
Format dan Model RPP Kurikulum 2013
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : …………………………………
Kelas/Semester : …………………………………
Tema : …………………………………
Sub Tema : …………………………………
Waktu :………..x………..
menit x 6 hari
A. Kompetensi
Inti
……………………………………………………………………………………………
B.
Kompetensi Dasar
……………………………………………………………………………………………
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
……………………………………………………………………………………………
D. Deskripsi
Materi Pembelajaran
……………………………………………………………………………………………
E.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
……………………………………………………………………………………………
Pertemuan 2
……………………………………………………………………………………………
Pertemuan 3
……………………………………………………………………………………………
Pertemuan 4
……………………………………………………………………………………………
Pertemuan 5
……………………………………………………………………………………………
Pertemuan 6
……………………………………………………………………………………………
F.
Penilaian
……………………………………………………………………………………………
G. Media, Alat,
dan Sumber Belajar
……………………………………………………………………………………………
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Guru Kelas
(……………………………..) (……………………………..)
|
G.
CONTOH RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Contoh RPP AQIDAH AKHLAK KTSP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Status Pendidikan : MA.Hasyim Asy’ari
Kelas / Semester : X / Genap
Mata pelajaran :
Aqidah Akhlak
Jumlah
Pertemuan : 2 kali pertemuan
(2 x 45 menit)
Standar kompetensi : Menghindari prilaku tercela.
Kompetensi Dasar : Menunjukkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya,
aniaya dan diskriminasi.
Alokasi Waktu :
4 jam pelajaran ( 4 x 45 menit )
A. Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
1. Memahami tentang Nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya,
aniaya dan diskriminasi.
2. Menjelaskan Nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya,
aniaya dan diskriminasi.
3. Mendiskusikan tentang
Nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya, aniaya dan diskriminasi.
4. Menyimpulkan
tentang Nilai-nilai negatif akibat perbuatan
riya, aniaya dan diskriminasi.
B. Materi Ajar : Nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya, aniaya dan diskriminasi.
C. Metode :
·
Ceramah
·
Tanya Jawab
·
Diskusi kelompok
·
Inkuiri
·
Pengamatan
D. Langkah-langkah pembelajaran :
Kegiatan
|
Waktu
|
Aspek life skill yang dikembangkan
|
·
Pertemuan pertama (ke 1) ( 2 x
45 Menit )
1. Pendahuluan
:
Apersepsi dan Motivasi :
o
Memberikan salam pembuka
o
Menanyakan kepada siswa tentang Nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya,
aniaya dan diskriminasi.
o
Memotivasi siswa untuk mempelajari tentang Nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya,
aniaya dan diskriminasi.
2. Kegiatan
inti
o
Tanya jawab awal tentang Nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya,
aniaya dan diskriminasi.
o
Guru memberikan ilustrasi
tentang Nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya, aniaya dan diskriminasi.
o
Guru menyebutkan tentang Nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya,
aniaya dan diskriminasi.
o
Mendiskusikan dalam kelompok
tentang Nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya, aniaya dan diskriminasi.
o
Siswa mempresentasi hasil
diskusi kelompok tentang Nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya, aniaya dan
diskriminasi.
|
10
65
|
Pemahaman Konsep
|
3. Kegiatan
penutup.
|
15
|
|
·
Pertemuan ke dua (ke 2 ) ( 2 x
45 Menit )
1. Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
o
Memberikan salam pembuka
o
Menanyakan kepada siswa tentang contoh orang yang menghindari perbuatan
riya, aniaya dan diskriminasi.
o
Memotivasi siswa untuk
mempelajari tentang Nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya, aniaya dan diskriminasi.
2. Kegiatan inti
o
Tanya jawab awal tentang contoh orang yang
menghindari perbuatan riya, aniaya dan diskriminasi
o
Guru memberikan ilustrasi tentang contoh orang yang menghindari perbuatan
riya, aniaya dan diskriminasi.
o
Guru menyebutkan tentang contoh orang yang menghindari
perbuatan riya, aniaya dan diskriminasi
o
Mendiskusikan dalam kelompok
tentang contoh orang yang menghindari perbuatan riya,
aniaya dan diskriminasi
o
Siswa mempresentasi hasil
diskusi kelompok tentang contoh orang yang
menghindari perbuatan riya, aniaya dan diskriminasi
|
10
65
|
Pemahaman Konsep
|
3. Kegiatan penutup.
|
15
|
|
E. Sumber
Belajar :
· Al Qur’an dan terjemahanya
· Internet dan Intranet
· Buku paket Aqidah Akhlak yang relevan
· LKS Aqidah Akhlak
· LCD
· Dll
F. Penilaian :
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
Ø
Menganalisis nilai-nilai negatif akibat
perbuatan riya, aniaya dan diskriminasi
|
Tes Tertulis
|
Uraian
|
Ø
Jelaskan
nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya, aniaya dan diskriminasi ?
|
Ø
Mengemukakan argumen bantahan tentang tidak
benarnya sikap riya’, aniaya dan diskriminasi
|
Tes Tertulis
|
Uraian
|
Ø
Jelaskan argumen bantahan tentang tidak benarnya
sikap riya’, aniaya dan diskriminasi ?
|
Ø
Menunjukkan contoh orang yang menghindari
perbuatan riya, aniaya dan diskriminasi
|
Tes Tertulis
|
Jawab
Singkat
|
Ø
Sebutkan contoh orang yang menghindari
perbuatan riya, aniaya dan diskriminasi ?
|
Menghetahui
Kepala Madrasah
Moh. Dimyanto, S. Ag
|
|
Guru Mapel Akidah Akhlak
Siti Shofiyah
|
CONTOH RPP AQIDAH AKHLAK K13
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah/Madrasah : Madrasah Aliyah
Mata
Pelajaran : Akidah Akhlak
Kelas/Smt
: Sepuluh (X) / Ganjil
Materi
Pokok : Adab
kepada orang tua
Alokasi
Waktu : ....
Menit
A. Kompetensi
Inti (KI)
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mengolah, menyaji dan
menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar
1.7. Menghayati adab kepada
orang tua.
2.7. Terbiasa berakhlak
terpuji kepada orang tua dalam kehidupan
sehari-hari
3.7. Memahami adab kepada
orang tua.
4.7. Mempresentasikan
contoh adab kepada orang tua.
C.
Indikator Pembelajaran
3.7.1. Menjelaskan pengertian adab kepada orang tua.
3.7.2. Mendiskripsikan macam-macam adab kepada orang tua.
3.7.3. Mendiskripsikan manfaat beradab kepada orang tua.
4.7.1 Mempresentasikan
contoh adab kepada orang tua.
D.
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa mampu menjelaskan pengertian adab kepada orang tua.
2. Siswa mampu mendiskripsikan macam-macam adab kepada orang tua..
3. Siswa mampu mendiskripsikan manfaat beradab kepada orang tua.
4. Siswa mampu mempresentasikan contoh adab kepada orang tua.
E.
Materi Pembelajaran (rincian dari Materi Pokok)
1. Pengertian Adab Kepada Orang Tua
2. Macam-macam Adab kepada Orang Tua.
3. Manfaat Beradab Kepada Orang Tua.
F. Metode
Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Discovery Based Learning (Mencari contoh masalah dari berbagai
media baik buku/internet)
G.
Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
a. Media
Video, Power Point.
b. Alat
Laptop, LCD Proyektor, kertas print out.
c. Sumber Belajar/Bahan Ajar
Buku siswa Akidah Akhlak Kelas X, Al-Qur‟an dan terjemaahnya, LKS
H. Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
1. Pendahuluan
(... Menit)
a. Membuka pembelajaran dengan salam dan berdoa bersama dipimpin oleh
salah seorang peserta didik.
b. Memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran.
c. Guru menyampaiakan tujuan pembelajaran.
d. Guru menampilkan vidio yang berkaitan dengan tema pembelajaran
yaitu adab kepada orang tua.
2. Kegiatan
Inti (... Menit)
a) Mengamati
Siswa mendengarkan penjelasan materi dari guru mengenai adab kepada
orang tua.
b) Menanya
Guru bersama siswa mengadakan tanya jawab tentang hal-hal yang
berkaitan dengan adab kepada orang tua.
c) Eksplorasi
(mencoba/mencari informasi)
a) Guru membagi siswa menjadi 2 kelompok.
b) Guru memberi tugas untuk siswa, dimana siswa bersama anggota
kelompok masing-masing mendiskusikan contoh sikap beradab kepada orang tua dan
mencarinya bisa dari berbagai sumber
(buku/internet).
d) Mengasosiasi
(Menalar)
Guru bersama siswa melakukan pembahasan bersama setelah
masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi.
e). Mengkomunikasi
Guru
menyampaikan kesimpulan tentang hasil contoh sikap beradab kepada orang tua
bersama-sama dengan siswa .
3. Penutup
(.... Menit)
•
Guru
melaksanakan penilaian melalui pemberian tugas di LKS, kemudian dicocokan dan
dinilai.
•
Guru
merangkum materi yang diajarkan.
•
Guru
Memberikan motivasi .
•
Guru
Menutup pelajaran dengan doa penutup majlis dan salam.
I. Penilaian
1. PEDOMAN
OBSERVASI SIKAP SPIRITUAL
Petunjuk :
Berilah
tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh
peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu
melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering
melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila
kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah
melakukan
Nama Peserta Didik : ………………….
Kelas :
………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : …………………..
No
|
Aspek
Pengamatan
|
|
|
|
|
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan
sesuatu
|
|
|
|
|
2
|
Mengucapkan rasa syukur atas karunia
|
|
|
|
|
|
Tuhan
|
|
|
|
|
3
|
Menghormati guru
|
|
|
|
|
4
|
Bacaan Al-Qur‟anya baik
|
|
|
|
|
5
|
Menjalankan sholat dhuhur di masjid sekolah
|
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
2. LEMBAR PENILAIAN DIRI
(SIKAP
JUJUR)
Nama Peserta Didik : ………………….
Kelas :………………….
Materi Pokok :………………….
Tanggal :………………….
PETUNJUK
•
Bacalah
pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti
•
berilah
tanda cek (√)sesuai dengan kondisi dan keadaan
kalian seharihari
No
|
Pernyataan
|
TP
|
KD
|
SR
|
SL
|
1
|
Saya
memberi salam dan berjabat tangan pada orang tua pada waktu berangkat
dan pulang dari sekolah
|
|
|
|
|
2
|
Saya
selalu berkata jujur kepada
orang tua
|
|
|
|
|
3
|
Saya
selalu mematuhi perintah orang tua
|
|
|
|
|
4
|
Saya Tidak pernah membentak orang tua saya
|
|
|
|
|
5
|
Saya mematuhi perintah orang tua
|
|
|
|
|
Keterangan :
SL = Selalu, apabila selalu
melakukan sesuai pernyataan yang
diberikan
SR
= Sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan yang diberikan
KD = Kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
TP
= Tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan sesuai pernyataan
3. LEMBAR PENILAIAN ANTAR PESERTA DIDIK
SIKAP DISIPLIN (PENILAIAN TEMAN SEJAWAT)
Petunjuk :
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap tanggung jawab
yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu
melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak
melakukan
2 = kadang-kadang, apabila
kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah
melakukan
Nama
Peserta Didik yang dinilai :
………………….
Kelas :
………………….
Tanggal
Pengamatan : …………………..
Materi
Pokok :
…………………..
No
|
Aspek
Pengamatan
|
|
|
Skor
|
|
|
|
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
Berbuat baik terhadap teman
|
|
|
|
|
|
2
|
Mengumpulkan tugas tepat waktu
|
|
|
|
|
|
3
|
Memakai seragam sesuai tata tertib
|
|
|
|
|
|
4
|
Mengerjakan tugas yang diberikan
|
|
|
|
|
|
5
|
Tertib dalam mengikuti pembelajaran
|
|
|
|
|
|
6
|
Membawa buku teks sesuai mata pelajaran
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
|
Petunjuk
Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan
skor akhir menggunakan rumus :
|
|
Contoh : Skor diperoleh 20,
skor tertinggi 4 x 6 pernyataan = 24, maka skor akhir :
14
X 4 = 3.33
24
Peserta
didik memperoleh nilai :
Sangat
Baik :
apabila memperoleh skor : 3.33 < skor <
4.00
Baik
:
apabila memperoleh skor : 2.33 < skor <
3.33
Cukup :
apabila memperoleh skor : 1.33 < skor <
2.33
Kurang :
apabila memperoleh skor : skor < 1.33
4.
LEMBAR
PENILAIAN KOGNITIF
Soal
1. Jelaskan pengertian adab menurut bahasa dan istilah !
2. Sebutkan macam-macam adab kepada orang tua !
3. Menjelaskan apa surat Al-Luqman ayat 14 dan 15, tuliskan ayatnya
!
4. Tulislah doa kepada orang tua beserta artinya !
Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4 Benar:4, mendekati benar:3, kurang benar:2,
salah:1.
Perhitungan
skor akhir menggunakan rumus :
|
|
Contoh : Skor diperoleh 20,
skor tertinggi 4 x 6 pernyataan = 24, maka skor akhir :
14 X 4 = 3.5
16
Peserta
didik memperoleh nilai :
Sangat
Baik : apabila memperoleh skor : 3.33
< skor < 4.00
Baik
:
apabila memperoleh skor : 2.33 < skor <
3.33
Cukup :
apabila memperoleh skor : 1.33 < skor <
2.33
Kurang :
apabila memperoleh skor : skor < 1.33
Sukoharjo, 2 Maret 2015
Mengetahui, Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Akidah Akhlaq
Arya Wicaksono,M.Pd DiahSusilowati,S.Pd.I
NIP.
NIP.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
1)
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana
yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai
satu kompetensi dasar. Pada hakikatnya, RPP merupakan perencanaan jangka pendek
untuk memperkirakan atau memproyeksikan apa yang akan dilakukan dalam
pembelajaran, sehingga para guru tidak kewalahan dalam menentukan materi
pelajaran yang akan dibahas.
2)
Tujuan rencana
pelaksanaan pembelajaran adalah untuk:Mempermudah,
memperlancar dan meningkatkan hasil proses belajar mengajar.Memberi kesempatan
bagi pendidik untuk merancang pembelajaran sesuai dengan kebutuhan peserta
didik. Dengan
menyusun rencana pembelajaran secara profesional, sistematis dan berdaya guna,
maka guru akan mampu melihat, mengamati, menganalisis, dan memprediksi program
pembelajaran sebagai kerangka kerja yang logis dan terencana.
3)
Prinsip-prinsip rencana pembelajaran menurut Permendinas no
41 tahun 2007 tentang standar proses terdiri dari:Memperhatikan perbedaan
individu peserta didik. Bersifat fleksibel. Mendorong partisipasi
aktif peserta didik. Mengembangkan budaya membaca dan menulis.Disusun untuk
setiap kompetensi dasar.Memberikan umpan balik dan tindak lanjut
RPP.Keterkaitan dan keterpaduan.Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi
4)
Adapun komponen komponen dalam
rencana pelaksanaan pembelajaran adalah, sebagai berikut:Identitas Mata Pelajaran, Standar Kompetensi, Kompetensi
Dasar, Indikator Pencapaian Kompetensi, Tujuan Pembelajaran, Materi
Pembelajaran, Alokasi Waktu, Metode Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran.
5)
Langkah-langkah dalam menyusun RPP sebagai berikut: Mengisi kolom identitas. Menentukan alokasi waktu yang
dibutuhkan untuk pertemuan yang telah ditetapkan. Menentukan SK, KD, dan indikator
yang akan digunakan (terdapat pada silabus yang telah ditetapkan). Merumuskan tujuan pembelajaran
berdasarkan SK, KD, dan indikator yang telah ditentukan. Lebih rinci dari KD
dan indikator, pada saat-saat tertentu indikator sama dengan tujuan
pembelajaran karena indikator sudah sangat rinci sehingga tidak dapat
dijabarkan lagi. Menentukan karakter siswa yang akan
dikembangkan. Mengidentifikasi materi ajar berdasarkan materi pokok atau
pembelajaran yang terdapat dalam silabus materi ajar merupakan uraian dari
materi pokok atau pembelajaran. Menentukan metode pembelajaran yang akan
digunakan. Merumuskan langkah-langkah pembelajaran yang terdiri dari kegiatan
awal inti, dan akhir.Menentukan alat atau bahan atau sumber belajar yang
digunakan.Menyusun kretiria penilaian, lembar pengamatan, contoh soal, dll.
B. Saran
Demikianlah tugas penyusunan makalah
ini kami persembahkan.Tulisan ini dibuat sebagai wadah untuk menambah wawasan
tentang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.Tulisan ini diharapkan menjadi salah
satu yang dapat membantu untuk menanamkan pemahaman tentang Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran.
Kritik dan saran sangat kami harapkan
dari para pembaca, khususnya dari dosen mata kuliah yang telah membimbing kami
dan para mahasiswa demi kesempurnaan makalah ini.Apabila ada kekurangan dalam
penyusunan makalah ini, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.
DAFTAR
PUSTAKA
Ai Sri Nurhayanti, Petunjuk Pelaksanaan Pembuatan RPP
Terintegerasi TIK, (Jakarta : Pusat
Teknologi Informasi
dan Komunikasi Pendidikan, 2012)
Barnawi
dan Mohammad Arifin, Instrumen Pembinaan, Peningkatan Dan Penilaian Kinerja
Guru Profesional, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014)
Hakim,Lukmanul, Perencanaan
Pembelajaran, CV Wacana Prima, Bandung, 2009
Hanafi,M. Pembelajaran
Sejarah Kebudayaan Islam, (Jakarta: Direktorat Jendral
Pendidikan
Islam Departemen Agama RI, 2009)
Muslich,Masnur, Pembelajaran Berbasis
Kompetensi dan Kontekstual, cet 2, (Jakarta : Bumi
Aksara,
2007)
Nurhayati,Ai
Sri, S, Si, Petunjuk Pelaksanaan Pembuatan RPP Terintegrasi TIK. Jakarta:
Pusat
Tegnologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan(PUSTEKOM) Kementrian
Pendidikan
dan Kebudayaan. 2012
Triasarikusmiati.blogspot.com/2016/12/makalah-rencana-pelaksanaan.html?m=1
diakses
pada tanggal 5 mei
2019, pukul : 10.50 WIB.
[1]
Triasarikusmiati.blogspot.com/2016/12/makalah-rencana-pelaksanaan.html?m=1,
diakses pada tanggal 5 mei 2019, pukul : 10.50 WIB.
[2] Ai Sri Nurhayanti, Petunjuk Pelaksanaan Pembuatan RPP Terintegerasi
TIK, (Jakarta : Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan, 2012),
hlm. 8.
[3] Masnur Muslich, Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan
Kontekstual, cet 2, (Jakarta : Bumi Aksara, 2007), hlm. 53
[5] Ai Sri Nurhayati, S, Si, Petunjuk Pelaksanaan Pembuatan RPP
Terintegrasi TIK. Jakarta: Pusat Tegnologi Informasi dan Komunikasi
Pendidikan(PUSTEKOM) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2012 hlm. 8
[6] M. Hanafi, Pembelajaran
Sejarah Kebudayaan Islam, (Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam
Departemen Agama RI, 2009), hlm. 166-167
[7]
Barnawi dan Mohammad Arifin, Instrumen Pembinaan,
Peningkatan Dan Penilaian Kinerja Guru Profesional, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media,
2014), hlm. 15
mantull
BalasHapus