Makalah Pembuatan RPP


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
DISUSUN OLEH :
KELOMPOK 8 (DELAPAN)
DEWI NAFISAH NASUTION                                                                    (0301171307)
M. SUKRI NASUTION                                                                                (0301173503)
SRI HANDAYANI                                                                                       (0301171286)
TIARA ANANDA                                                                                         (0301173471)
UMMU HABIBAH                                                                                       (0301171327)
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM-4 / SEMESTER-4

DOSEN PENGAMPU : Dr. H. MARDIANTO, M.Pd

JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA
T.A. 2018/2019

KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
            Puji syukur kehadirat Allah swt, yang senantiasa memberikan nikmat, taufik dan hidayah-Nya  untuk kami sampai dapat menyelesaikan makalah “Strategi pembelajaran aqidah akhlak” sebagai salah satu syarat terpenuhinya tugas dari mata kuliah tersebut. Shalawat dan salam kepada Nabi Muhammad saw, yang diharapkan syafa’atnya di yaumul hisab kelak.
            Ucapan terima kasih penyusun kepada Bapak Drs. H. Mardianto. M.Pd yang telah bersedia memberikan tugas pembuatan makalah ini kepada kelompok 8 (delapan). Karena, dengan tugas tersebut memberikan kontribusi pemikiran dan semangat yang besar untuk dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik. Serta ucapan terima kasih penyusun kepada para rekan yang telah meluangkan waktu dan pikirannya untuk sama-sama menyelesaikan tugas yang telah diemban ini.
            Adapun isi dari makalah ini adalah pengertian RPP, prinsip-prinsip RPP, komponen-komponen RPP, dan langkah-langkah menyusun RPP. Adapun RPP merupakan singkatan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. RPP ini, biasanya akan dipersiapkan oleh guru yang akan memberikan materi pembelajarannya kepada siswa, agar materi tersebut dapat dirumuskan dan beraturan. Sehingga, para guru tidak kewalahan untuk memberikan materi pembelajaran kepada siswanya. Untuk penjelasan yang terperinci telah dipaparkan pada makalah ini.
            Dengan selesainya makalah ini, kelompok 8 (delapan) selaku penyusun meminta maaf jika ada kekurangan atau kesalahan dalam penulisan. Semoga makalah ini bermanfaat dan memberikan tambahan ilmu bagi yang membacanya.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Medan, 14 Mei 2019

Penulis,
Kelompok 8


BAB I
PENDAHULUAN
  A.    Latar Belakang
Dalam rangka mengimplementasikan program pembelajaran yang sudah dituangkan dalam silabus, maka guru harus menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). RPP merupakan pegangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran yang efektif. Oleh karena itu, apa yang tertuang di dalam RPP memuat hal-hal yang langsung berkaitan dengan aktivitas pembelajaran dalam upaya pencapaian penguasaan suatu Kompetensi Dasar.
Dalam menyusun RPP guru harus mencantumkan Standar Kompetensi yang memayungi Kompetensi Dasar yang akan disusun dalam RPP nya. Di dalam RPP secara rinci harus termuat tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, langkah-langkah kegiatan pembelajaran, sumber belajar, dan penilaian.
RPP ini dapat digunakan oleh setiap guru sebagai pedoman umum untuk melaksanakan pembelajaran kepada peserta didiknya, karena di dalamnya termuat petunjuk secara rinci, pertemuan demi pertemuan, mengenai tujuan, ruang lingkup materi yang diajarkan, dan lainnya. Sehingga, para guru tanpa merasa khawatir bahwa pembelajaran yang disampaikan keluar dari tujuan, ruang lingkup materi, dan lainnya.  
  B.     Rumusan Masalah
   a.       Apa pengertian dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) ?
   b.      Apa tujuan pembuatan RPP ?
   c.       Bagaimana prinsip-prinsip dari RPP ?
   d.      Apa saja komponen-komponen dalam pembuatan RPP ?
   e.       Bagimana langkah-langkah membuat RPP pada mata pelajaran SKI ?

  C.    Tujuan Penulisan
   a.       Untuk mengetahui pengertian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
   b.      Untuk mengetahui tujuan pembuatan RPP.
   c.       Untuk mengetahui prinsip-prinsip RPP.
   d.      Untuk mengetahui komponen-komponen dalam pembuatan RPP.
   e.       Untuk mengetahui langkah-langkah membuat RPP.
BAB II
PEMBAHASAN
   A.    Pengertian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar.[1] Pada hakikatnya, RPP merupakan perencanaan jangka pendek untuk memperkirakan atau memproyeksikan apa yang akan dilakukan dalam pembelajaran, sehingga para guru tidak kewalahan dalam menentukan materi pelajaran yang akan dibahas.
        Dalam pembuatan RPP, maka perlu mengkoordinasikan komponen pembelajaran, seperti: kompetensi dasar, materi standar, indikator hasil belajar, dan penilaian. Kompetensi dasar berfungsi untuk mengembangkan potensi peserta didik, materi standar berfungsi untuk memberi makna terhadap kompetensi dasar, indikator hasil belajar berfungsi untuk memperlihatkan keberhasilan pembentukan kompetensi peserta didik, sedangkan penilaian berfungsi untuk mengukur pembentukan kompetensi, dan menentukan tindakan yang harus dilakukan apabila kompetensi standar belum tercapai.
        Berdasarkan Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tanggal 23 November 2007 tentang standar proses untuk satuan pendidikan dasar dan menengah, bahwa pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dijabarkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan belajar peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar. RPP disusun untuk setiap Kompetensi Dasar (KD) yang dapat dilakukan dalam satu kali pertemuan atau lebih. Guru merancang penggalan RPP untuk setiap pertemuan yang disesuaikan dengan penjadwalan pelajaran disatuan pendidikan.[2]

    B.     Tujuan Pembuatan Rencana Proses Pembelajaran (RPP)
        Rencana Proses Pembelajaran (RPP ) disusun untuk setiap KD yang dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih. Guru merancang RPP untuk setiap peretmuan yang disesuaikan dengan penjadwal pelajaran di suatu pendiikan.[3]
Tujuan rencana pelaksanaan pembelajaran adalah untuk:
1)   Mempermudah, memperlancar dan meningkatkan hasil proses belajar mengajar.
2)   Memberi kesempatan bagi pendidik untuk merancang pembelajaran sesuai dengan kebutuhan peserta didik, kemampuan pendidik dan fasilitas yang dimiliki sekolah.
3)   Dengan menyusun rencana pembelajaran secara profesional, sistematis dan berdaya guna, maka guru akan mampu melihat, mengamati, menganalisis, dan memprediksi program pembelajaran sebagai kerangka kerja yang logis dan terencana.[4]

C.  Prinsip Prinsip Rencana Proses Pembelajaran (RPP)
Prinsip-prinsip rencana pembelajaran menurut Permendinas no 41 tahun 2007 tentang standar proses terdiri dari:
1)      Memperhatikan perbedaan individu peserta didik.
2)      Bersifat fleksibel
3)      Mendorong partisipasi aktif peserta didik.
4)      Mengembangkan budaya membaca dan menulis.
5)      Disusun untuk setiap kompetensi dasar.
6)      Memberikan umpan balik dan tindak lanjut RPP.
7)      Keterkaitan dan keterpaduan.
8)      Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi.[5]

D.      Komponen-komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Adapun komponen komponen dalam rencana pelaksanaan pembelajaran adalah, sebagai berikut:
1.    Identitas Mata Pelajaran
Identitas mata pelajaran meliputi, satuan pendidikan, kelas, semester, program-program keahlian, tema materi yang dibahas, dan jumlah jam petermuan.

2.    Standar Kompetensi
Standar kompetensi merupakan kualifikasi atau kemampuan minimal peserta didik dalam menguasai pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada setiap kelas dan atau semester pada suatu mata pelajaran.
3.    Kompetensi Dasar
Kompetensi dasar adalah sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan penyusunan indikator kompetensi dalam suatu pelajaran.
4.    Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator kompetensi adalah perilaku yang dapat diukur dan diobservasi untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran.
5.    Tujuan Pembelajaran
Tujuan pembelajaran adalah menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar.
6.      Materi Pembelajaran
Memuat fakta, konsep, prinsip, prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir uraian sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi.
7.      Alokasi Waktu
Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar.
8.        Metode Pembelajaran
Metode pembelajaran yang digunakan guru hendaknya dapat menciptakan suasana belajar dan proses pembelajaran yang kondusif agar peserta didik mencapai kompetensi dasar atau seperangkat indikator yang telah ditetapkan. Pemilihan metode pembelajaran disesuaikan dengan situasi dan kondisi peserta didik, karakteristik dari setiap indikator, dan kompetensi yang hendak dicapai pada setiap mata pelajaran.
9.        Kegiatan Pembelajaran
a.    Pendahuluan
Pendahuluan merupakan kegiatan awal dalam suatu pertemuan pembelajaran yang ditujukan untuk membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.
b.    Inti
Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai KD. Kegiatan pembelajaran dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, dan memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai bakat, minat, dan perkembangan peserta didik.
c.    Penutup
Merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengakhiri aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan dalam bentuk rangkuman atau kesimpulan, penilaian dan refleksi, umpan balik, dan tindak lanjut.
10.    Penilaian Hasil Belajar
Prosedur dan instrumen penilaian proses dan hasil belajar disesuaikan dengan indikator pencapaian kompetensi dan mengacu pada standar penilaian.
11.    Sumber Belajar
Penentuan sumber belajar didasarkna pada standar kompetensi dan kompetensi dasar, serta materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi.[6]

E.  Langkah Langkah Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Kuliah SKI
Langkah-langkah dalam menyusun RPP sebagai berikut:
  1. Mengisi kolom identitas
  2. Menentukan alokasi waktu yang dibutuhkan untuk pertemuan yang telah ditetapkan
  3. Menentukan SK, KD, dan indikator yang akan digunakan (terdapat pada silabus yang telah ditetapkan)
  4. Merumuskan tujuan pembelajaran berdasarkan SK, KD, dan indikator yang telah ditentukan. Lebih rinci dari KD dan indikator, pada saat-saat tertentu indikator sama dengan tujuan pembelajaran karena indikator sudah sangat rinci sehingga tidak dapat dijabarkan lagi.
  5. Menentukan karakter siswa yang akan dikembangkan
  6. Mengidentifikasi materi ajar berdasarkan materi pokok atau pembelajaran yang terdapat dalam silabus materi ajar merupakan uraian dari materi pokok atau pembelajaran.
  7. Menentukan metode pembelajaran yang akan digunakan
  8. Merumuskan langkah-langkah pembelajaran yang terdiri dari kegiatan awal inti, dan akhir.
  9. Menentukan alat atau bahan atau sumber belajar yang digunakan
  10. Menyusun kretiria penilaian, lembar pengamatan, contoh soal, dll.[7]
    F.     Format dan model RPP ktsp

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran       : .....................................................................................
Satuan Pendidikan : .....................................................................................
Kelas/Semester      : .....................................................................................
Pertemuan Ke        : .....................................................................................
Alokasi Waktu        : ...................................................... Jam pembelajaran
 
     Kompetensi dasar :
1.       ..................................................................................................................
2.       ..................................................................................................................

I    Indikator :
1.  ................................................................................................................
1.  ................................................................................................................
2  .................................................................................................................
2.  ................................................................................................................

     Tujuan Pembelajaran : 
1.      ..................................................................................................................
2.      ..................................................................................................................
     
     Materi standar :
1.      ..................................................................................................................
2.      ..................................................................................................................
    
     Metode Pembelajaran :
1.      ..................................................................................................................
2.      ..................................................................................................................
       
    Kegiatan Pembelajaran :
1.      Kegiatan awal (Pembukaan)
a.       .................................................................................................................
b.      ..................................................................................................................
2.      Kegiatan inti (Pembentukan Kompetensi)
a.       .................................................................................................................
b.      ..................................................................................................................
3.      Kegiatan akhir (Penutup)
a.       ..................................................................................................................
b.      ..................................................................................................................

     Sumber belajar :
1.      .................................................................................................................
2.      ..................................................................................................................


     Penilaian
    Tes tulis : ........................................................................................................
a.       Kinerja (Performansi) : ...............................................................................
b.      Produk : ......................................................................................................
c.       Penugasan/Proyek : ....................................................................................
d.      Portopolio : .................................................................................................





 Mengetahui
   Kepala sekolah                                                                           Guru



(...............................)                                                           (...........................)

Format dan Model RPP Kurikulum 2013


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan    : …………………………………
Kelas/Semester         : …………………………………
Tema                         : …………………………………
Sub Tema                  : …………………………………
Waktu                       :………..x……….. menit x 6 hari

A.    Kompetensi Inti
……………………………………………………………………………………………
B.     Kompetensi Dasar
……………………………………………………………………………………………
C.     Indikator Pencapaian Kompetensi
……………………………………………………………………………………………
D.    Deskripsi Materi Pembelajaran
……………………………………………………………………………………………
E.     Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
……………………………………………………………………………………………
Pertemuan 2
……………………………………………………………………………………………
Pertemuan 3
……………………………………………………………………………………………
Pertemuan 4
……………………………………………………………………………………………
Pertemuan 5
……………………………………………………………………………………………
Pertemuan 6
……………………………………………………………………………………………
F.      Penilaian
……………………………………………………………………………………………

G.    Media, Alat, dan Sumber Belajar
……………………………………………………………………………………………
              Mengetahui,                                                                        
            Kepala Sekolah                                                                        Guru Kelas



(……………………………..)                                               (……………………………..)



   G.    CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Contoh RPP AQIDAH AKHLAK KTSP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Status Pendidikan                 : MA.Hasyim Asy’ari           
Kelas / Semester                    : X / Genap
Mata pelajaran                      : Aqidah Akhlak
Jumlah Pertemuan               : 2  kali pertemuan (2 x 45 menit)
Standar kompetensi               : Menghindari prilaku tercela.
Kompetensi Dasar                 : Menunjukkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya, aniaya dan diskriminasi.
Alokasi Waktu                       : 4  jam pelajaran ( 4 x 45 menit )

A. Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
1. Memahami tentang Nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya, aniaya dan diskriminasi.
2.  Menjelaskan Nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya, aniaya dan diskriminasi.
3. Mendiskusikan tentang Nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya, aniaya dan diskriminasi.
4. Menyimpulkan tentang Nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya, aniaya dan diskriminasi.

B. Materi Ajar : Nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya, aniaya dan diskriminasi.
C. Metode :
·         Ceramah
·         Tanya Jawab
·         Diskusi kelompok
·         Inkuiri
·         Pengamatan

D. Langkah-langkah pembelajaran :

Kegiatan
Waktu
Aspek life skill yang dikembangkan

·  Pertemuan pertama (ke 1)  ( 2 x 45 Menit )
1.  Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
o   Memberikan salam pembuka
o   Menanyakan kepada siswa tentang Nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya, aniaya dan diskriminasi.
o   Memotivasi siswa untuk mempelajari tentang Nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya, aniaya dan diskriminasi.
2.      Kegiatan inti
o   Tanya jawab awal tentang Nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya, aniaya dan diskriminasi.  
o   Guru memberikan ilustrasi tentang Nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya, aniaya dan diskriminasi.  
o   Guru menyebutkan tentang Nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya, aniaya dan diskriminasi.
o   Mendiskusikan dalam kelompok tentang Nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya, aniaya dan diskriminasi.
o   Siswa mempresentasi hasil diskusi kelompok tentang Nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya, aniaya dan diskriminasi.


10






65





Pemahaman Konsep











3.      Kegiatan penutup.
  • Guru memberikan refleksi
  • Guru memberikan tugas pengayaan untuk membaca berbagai tentang Nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya, aniaya dan diskriminasi.
  • Mengajak siswa untuk membuat kesimpulan tentang Nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya, aniaya dan diskriminasi.
  • Memberikan kesempatan kepada siswa dan siswa edor mengerjakan soal-soal latihan tentang Nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya, aniaya dan diskriminasi.
  • Memberikan salam penutup.

15


·  Pertemuan ke dua (ke 2 )  ( 2 x 45 Menit )
1. Pendahuluan :
Apersepsi dan Motivasi :
o   Memberikan salam pembuka
o   Menanyakan kepada siswa tentang contoh orang yang menghindari perbuatan riya, aniaya dan diskriminasi.
o   Memotivasi siswa untuk mempelajari tentang Nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya, aniaya dan diskriminasi.
2. Kegiatan inti
o   Tanya jawab awal tentang contoh orang yang menghindari perbuatan riya, aniaya dan diskriminasi  
o   Guru memberikan ilustrasi tentang contoh orang yang menghindari perbuatan riya, aniaya dan diskriminasi.  
o   Guru menyebutkan tentang contoh orang yang menghindari perbuatan riya, aniaya dan diskriminasi
o   Mendiskusikan dalam kelompok tentang contoh orang yang menghindari perbuatan riya, aniaya dan diskriminasi
o   Siswa mempresentasi hasil diskusi kelompok tentang contoh orang yang menghindari perbuatan riya, aniaya dan diskriminasi

10






65





Pemahaman Konsep











3. Kegiatan penutup.
  • Guru memberikan refleksi
  • Guru memberikan tugas pengayaan untuk membaca berbagai tentang Nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya, aniaya dan diskriminasi.
  • Mengajak siswa untuk membuat kesimpulan tentang contoh orang yang menghindari perbuatan riya, aniaya dan diskriminasi
  • Memberikan kesempatan kepada siswa dan siswa edor mengerjakan soal-soal latihan tentang contoh orang yang menghindari perbuatan riya, aniaya dan diskriminasi
  • Memberikan salam penutup.

15


E.  Sumber Belajar :
·  Al Qur’an dan terjemahanya
·  Internet dan Intranet
·  Buku paket Aqidah Akhlak yang relevan
·  LKS Aqidah Akhlak
·  LCD
·  Dll

F. Penilaian :

Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
Ø  Menganalisis nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya, aniaya dan diskriminasi
Tes Tertulis
Uraian
Ø  Jelaskan nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya, aniaya dan diskriminasi ?
Ø  Mengemukakan argumen bantahan tentang tidak benarnya sikap riya’, aniaya dan diskriminasi
Tes Tertulis
Uraian
Ø  Jelaskan argumen bantahan tentang tidak benarnya sikap riya’, aniaya dan diskriminasi ?
Ø  Menunjukkan contoh orang yang menghindari perbuatan riya, aniaya dan diskriminasi
Tes Tertulis
Jawab Singkat
Ø  Sebutkan contoh orang yang menghindari perbuatan riya, aniaya dan diskriminasi ?

Menghetahui
Kepala Madrasah



Moh. Dimyanto, S. Ag

Guru Mapel Akidah Akhlak



Siti Shofiyah


CONTOH RPP AQIDAH AKHLAK K13
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah/Madrasah        :  Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran                        :  Akidah Akhlak
Kelas/Smt                                :  Sepuluh (X) / Ganjil
Materi Pokok                           : Adab kepada orang tua 
Alokasi Waktu                         :  .... Menit

A. Kompetensi Inti (KI)

1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.    Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.    Mengolah,  menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.  Kompetensi Dasar 

  1.7. Menghayati adab kepada orang tua.
  2.7. Terbiasa berakhlak terpuji kepada  orang tua dalam kehidupan sehari-hari
  3.7. Memahami adab kepada orang tua.
    4.7. Mempresentasikan contoh adab kepada orang tua.

C. Indikator Pembelajaran

3.7.1. Menjelaskan pengertian adab kepada orang tua.
3.7.2. Mendiskripsikan macam-macam adab kepada orang tua.
3.7.3. Mendiskripsikan manfaat beradab kepada orang tua.
4.7.1  Mempresentasikan contoh adab kepada orang tua.

D. Tujuan Pembelajaran 

1.    Siswa mampu menjelaskan pengertian adab kepada orang tua.
2.    Siswa mampu mendiskripsikan macam-macam adab kepada orang tua..
3.    Siswa mampu mendiskripsikan manfaat beradab kepada orang tua.
4.    Siswa mampu mempresentasikan contoh adab kepada orang tua.

E. Materi Pembelajaran (rincian dari Materi Pokok) 

1.      Pengertian Adab Kepada Orang Tua
2.      Macam-macam Adab kepada Orang Tua.
3. Manfaat Beradab Kepada Orang Tua.

F. Metode Pembelajaran

1.    Ceramah
2.    Diskusi 
3.    Discovery Based Learning (Mencari contoh masalah dari berbagai media baik buku/internet)

G. Media, Alat dan Sumber Pembelajaran

a.    Media
Video, Power Point.
b.    Alat 
Laptop, LCD Proyektor, kertas print out. 
c.    Sumber Belajar/Bahan Ajar
Buku siswa Akidah Akhlak Kelas X, Al-Qur‟an dan terjemaahnya,  LKS

H. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

1. Pendahuluan (... Menit)

a.    Membuka pembelajaran dengan salam dan berdoa bersama dipimpin oleh salah seorang peserta didik.
b.   Memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran.
c.    Guru menyampaiakan tujuan pembelajaran.
d.   Guru menampilkan vidio yang berkaitan dengan tema pembelajaran yaitu adab kepada orang tua.

2. Kegiatan Inti (... Menit)

a) Mengamati

Siswa mendengarkan penjelasan materi dari guru mengenai adab kepada orang tua.  

b) Menanya

Guru bersama siswa mengadakan tanya jawab tentang hal-hal yang berkaitan dengan adab  kepada orang tua.

c) Eksplorasi (mencoba/mencari informasi)

a)    Guru membagi siswa menjadi 2 kelompok.
b)   Guru memberi tugas untuk siswa, dimana siswa bersama anggota kelompok masing-masing mendiskusikan contoh sikap beradab kepada orang tua dan mencarinya bisa dari berbagai sumber
(buku/internet).  

d) Mengasosiasi (Menalar)

 Guru bersama  siswa melakukan pembahasan bersama setelah masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi.

e).  Mengkomunikasi

 Guru menyampaikan kesimpulan tentang hasil contoh sikap beradab kepada orang tua bersama-sama dengan siswa .

3. Penutup (.... Menit)

     Guru melaksanakan penilaian melalui pemberian tugas di LKS, kemudian dicocokan dan dinilai.
     Guru merangkum materi  yang diajarkan.
     Guru Memberikan motivasi .
     Guru Menutup pelajaran dengan doa penutup majlis dan salam.  

I. Penilaian

1. PEDOMAN OBSERVASI SIKAP SPIRITUAL

Petunjuk :  
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut : 
  4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan  
  3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan               kadang-kadang tidak melakukan 
 2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan 
 1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan 
Nama Peserta Didik : …………………. 
Kelas                           : ………………….
Tanggal Pengamatan : ………………….. 
Materi Pokok  : …………………..

No
Aspek Pengamatan 






1
2
3
4
1
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu 




2
Mengucapkan rasa syukur atas karunia





Tuhan 




3
Menghormati guru 




4
Bacaan Al-Qur‟anya baik




5
Menjalankan sholat dhuhur di masjid sekolah





Jumlah Skor





2. LEMBAR PENILAIAN DIRI

(SIKAP JUJUR)


Nama Peserta Didik     :           …………………. 
Kelas                            :…………………. 
Materi Pokok                :…………………. 
Tanggal                         :…………………. 
   
PETUNJUK 
         Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti 
         berilah tanda cek (√)sesuai dengan kondisi dan keadaan  kalian seharihari 
No 
Pernyataan 
TP 
KD 
SR 
SL 
1 
Saya  memberi salam dan berjabat tangan pada orang tua pada waktu berangkat dan pulang dari sekolah




2 
Saya  selalu berkata jujur  kepada orang tua




3 
Saya  selalu mematuhi perintah orang tua




4 
Saya Tidak pernah membentak orang tua saya




5 
Saya mematuhi perintah orang tua




Keterangan : 
SL   = Selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan  yang diberikan
       SR    = Sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan yang diberikan 
KD = Kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan  sering tidak melakukan 
TP  = Tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan sesuai pernyataan

3. LEMBAR PENILAIAN ANTAR PESERTA DIDIK

     SIKAP DISIPLIN (PENILAIAN TEMAN SEJAWAT)


Petunjuk : 
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap tanggung jawab yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut : 
  4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan  
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan               kadang-kadang tidak melakukan 
 2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan  
 1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan 

Nama Peserta Didik yang dinilai        : …………………. 
Kelas                                                               : …………………. 
Tanggal Pengamatan                          : ………………….. 
Materi Pokok                                      : …………………..
No
Aspek Pengamatan 


Skor




1
2
3
4
1
Berbuat baik terhadap teman 




2 
Mengumpulkan tugas tepat waktu 




3 
Memakai seragam sesuai tata tertib 




4 
Mengerjakan tugas yang diberikan 




5 
Tertib dalam mengikuti pembelajaran 




6
Membawa buku teks sesuai mata pelajaran 





Jumlah Skor 





Petunjuk Penskoran : 
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4 
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
           


Contoh :  Skor diperoleh 20, skor tertinggi 4 x 6 pernyataan = 24, maka skor akhir : 
14 
X 4 = 3.33
24                                 
Peserta didik memperoleh nilai : 
Sangat Baik     : apabila memperoleh skor  : 3.33  < skor < 4.00 
Baik                 : apabila memperoleh skor  : 2.33  < skor < 3.33 
Cukup             : apabila memperoleh skor  : 1.33  < skor < 2.33 
Kurang            : apabila memperoleh skor :  skor < 1.33 

4.                        LEMBAR PENILAIAN KOGNITIF

Soal
1.    Jelaskan pengertian adab menurut bahasa dan istilah ! 
2.    Sebutkan macam-macam adab kepada orang tua !
3.    Menjelaskan apa surat Al-Luqman ayat 14 dan 15, tuliskan ayatnya !  
4.    Tulislah doa kepada orang tua beserta artinya !  
Petunjuk Penskoran : 
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4  Benar:4, mendekati benar:3, kurang benar:2, salah:1.
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
           


Contoh :  Skor diperoleh 20, skor tertinggi 4 x 6 pernyataan = 24, maka skor akhir : 
14  X 4 = 3.5
16                                 
Peserta didik memperoleh nilai : 
Sangat Baik  : apabila memperoleh skor  : 3.33  < skor < 4.00 
Baik                 : apabila memperoleh skor  : 2.33  < skor < 3.33 
Cukup             : apabila memperoleh skor  : 1.33  < skor < 2.33 
Kurang            : apabila memperoleh skor :  skor < 1.33 
Sukoharjo, 2 Maret 2015
Mengetahui,                                                                            Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                       Guru Akidah Akhlaq

 Arya Wicaksono,M.Pd                                                           DiahSusilowati,S.Pd.I
NIP.                                                                                        NIP.

            





BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
1)   Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar. Pada hakikatnya, RPP merupakan perencanaan jangka pendek untuk memperkirakan atau memproyeksikan apa yang akan dilakukan dalam pembelajaran, sehingga para guru tidak kewalahan dalam menentukan materi pelajaran yang akan dibahas.
2)   Tujuan rencana pelaksanaan pembelajaran adalah untuk:Mempermudah, memperlancar dan meningkatkan hasil proses belajar mengajar.Memberi kesempatan bagi pendidik untuk merancang pembelajaran sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Dengan menyusun rencana pembelajaran secara profesional, sistematis dan berdaya guna, maka guru akan mampu melihat, mengamati, menganalisis, dan memprediksi program pembelajaran sebagai kerangka kerja yang logis dan terencana.
3)   Prinsip-prinsip rencana pembelajaran menurut Permendinas no 41 tahun 2007 tentang standar proses terdiri dari:Memperhatikan perbedaan individu peserta didik. Bersifat fleksibel. Mendorong partisipasi aktif peserta didik. Mengembangkan budaya membaca dan menulis.Disusun untuk setiap kompetensi dasar.Memberikan umpan balik dan tindak lanjut RPP.Keterkaitan dan keterpaduan.Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi
4)   Adapun komponen komponen dalam rencana pelaksanaan pembelajaran adalah, sebagai berikut:Identitas Mata Pelajaran, Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, Indikator Pencapaian Kompetensi, Tujuan Pembelajaran, Materi Pembelajaran, Alokasi Waktu, Metode Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran.
5)   Langkah-langkah dalam menyusun RPP sebagai berikut: Mengisi kolom identitas. Menentukan alokasi waktu yang dibutuhkan untuk pertemuan yang telah ditetapkan. Menentukan SK, KD, dan indikator yang akan digunakan (terdapat pada silabus yang telah ditetapkan). Merumuskan tujuan pembelajaran berdasarkan SK, KD, dan indikator yang telah ditentukan. Lebih rinci dari KD dan indikator, pada saat-saat tertentu indikator sama dengan tujuan pembelajaran karena indikator sudah sangat rinci sehingga tidak dapat dijabarkan lagi. Menentukan karakter siswa yang akan dikembangkan. Mengidentifikasi materi ajar berdasarkan materi pokok atau pembelajaran yang terdapat dalam silabus materi ajar merupakan uraian dari materi pokok atau pembelajaran. Menentukan metode pembelajaran yang akan digunakan. Merumuskan langkah-langkah pembelajaran yang terdiri dari kegiatan awal inti, dan akhir.Menentukan alat atau bahan atau sumber belajar yang digunakan.Menyusun kretiria penilaian, lembar pengamatan, contoh soal, dll.

B.     Saran
Demikianlah tugas penyusunan makalah ini kami persembahkan.Tulisan ini dibuat sebagai wadah untuk menambah wawasan tentang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.Tulisan ini diharapkan menjadi salah satu yang dapat membantu untuk menanamkan pemahaman tentang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.
Kritik dan saran sangat kami harapkan dari para pembaca, khususnya dari dosen mata kuliah yang telah membimbing kami dan para mahasiswa demi kesempurnaan makalah ini.Apabila ada kekurangan dalam penyusunan makalah ini, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.















DAFTAR PUSTAKA

Ai Sri Nurhayanti, Petunjuk Pelaksanaan Pembuatan RPP Terintegerasi TIK, (Jakarta : Pusat
Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan, 2012)
Barnawi dan Mohammad Arifin, Instrumen Pembinaan, Peningkatan Dan Penilaian Kinerja
Guru Profesional, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014)
Hakim,Lukmanul, Perencanaan Pembelajaran, CV Wacana Prima, Bandung, 2009          
Hanafi,M. Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, (Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan
Islam Departemen Agama RI, 2009)
Muslich,Masnur, Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual, cet 2, (Jakarta : Bumi
Aksara, 2007)
Nurhayati,Ai Sri, S, Si, Petunjuk Pelaksanaan Pembuatan RPP Terintegrasi TIK. Jakarta:
Pusat Tegnologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan(PUSTEKOM) Kementrian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2012
Triasarikusmiati.blogspot.com/2016/12/makalah-rencana-pelaksanaan.html?m=1 diakses
pada tanggal 5 mei 2019, pukul : 10.50 WIB.



[1]  Triasarikusmiati.blogspot.com/2016/12/makalah-rencana-pelaksanaan.html?m=1, diakses pada tanggal 5 mei 2019, pukul : 10.50 WIB.
[2] Ai Sri Nurhayanti, Petunjuk Pelaksanaan Pembuatan RPP Terintegerasi TIK, (Jakarta : Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan, 2012), hlm. 8. 
[3] Masnur Muslich, Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual, cet 2, (Jakarta : Bumi Aksara, 2007), hlm. 53
[4] Lukmanul Hakim, Perencanaan Pembelajaran, CV Wacana Prima, Bandung, 2009, hlm 184    
[5] Ai Sri Nurhayati, S, Si, Petunjuk Pelaksanaan Pembuatan RPP Terintegrasi TIK. Jakarta: Pusat Tegnologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan(PUSTEKOM) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2012 hlm. 8

[6] M. Hanafi, Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, (Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam Departemen Agama RI, 2009), hlm. 166-167
[7] Barnawi dan Mohammad Arifin, Instrumen Pembinaan, Peningkatan Dan Penilaian Kinerja Guru Profesional, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014), hlm. 15

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CBR 2