CBR 2



Nama                           : DEWI NAFISAH NASUTION
Sem / Jur                     : IV / PAI-4
Nim                             : 0301171307
Mata Kuliah                : STRATEGI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK
Dosen Pengampu        : Dr. H. MARDIANTO, M.Pd

CRITICAL BOOK REPORT

    A.    IDENTITAS BUKU
Judul               : Strategi Pembelajaran                                                          
Penulis             : Dr. Wahyudin Nur Nasution, M.Ag.
Penerbit           : Perdana Publishing

   B.     ISI BUKU
Buku ini terdiri dari 9 bab, dimana Bab 1 berisi tentang pendahuluan. Bab 2 membahas tentang hakikat strategi pembelajaran, dalam bab ini menjabarkan tentang apa pengertian dari strategi pembelajaran, apa saja komponen komponen di dalamnya, Bagaimana prinsip-prinsip penggunaan strategi pembelajaran dan bagaimana prosedur umum pembelajaran. Bab 3 membahas tentang sistem pembelajaran dalam standar proses pendidikan, yang di dalamnya terkait dengan apa itu sistem, pembelajaran, dan faktor – faktor apa saja yang dapat mempengaruhi sistem pembelajaran serta bagaimana standar proses pendidikan. Bab 4 membahas tentang keterampilan dasar mengajar yang didalamnya dijabarkan lagi apa saja keterampilan-keterampilan yang harus dikuasai seorang pendidik. Bab 5 membahas tentang media dalam proses pembelajaran, dalam bab ini membahas tentang apa itu media pembelajaran, manfaatnya, klasifikasinya, bagaimana kriteria untuk memilih media yang tepat, apa prinsip-prinsip dalam menggunakannya dan bagaimana langkah – langkah dalam menggunakan media tersebut. Bab 6 membahas tentang pembelajaran efektif, apa itu pembelajaran efektif, apa saja indikatornya, apa saja prinsip-prinsip belajar pada pemblejaran ini dan bagaimana menjadi pendidik yang efektif. Bab 7 membahas tentang cara belajar siswa aktif, apa hakikat cara belajar siswa aktif dan apa prinsip-prinsipnya. Bab 8 membahas tentang jenis-jenis strategi pembelajaran, dalam buku ini ada 8 jenis strategi pembelajaran. Bab 9 atau bab yang terakhir membahas tentang jenis-jenis metode pembelajaran, ada 7 macam yang di bahas dalam buku ini.

C. KELEBIHAN BUKU
1.      Halaman terakhir pada buku ini ada daftar riwayat hidup penulis.
2.      Identitas buku ini lengkap.
3.      Menyajikan tulisan dengan ukuran yang tepat.
4.      Pembahasan pada sub bab spesifik, langsung pada intinya.
5.      Materi disajikan secara rapi dan terstruktur sehingga memudahkan pembaca dalam mencari informasi yang akan dicarinya.
6.      Terdapat daftar pustaka yang terdiri dari banyak sekali referensi.
7.      Dari cara penyajiannya buku ini terdapat kata pengantar, daftar isi, daftar pustaka, bab dan sub-bab materi yang akan dijelaskan.


D. KEKURANGAN BUKU
1.      Tidak ada  kesimpulan di setiap akhir bab.
2.      Tidak terdapat gambar di dalam buku sehingga membuat pembaca bosan dan minat membaca menjadi kurang.
3.      Bentuk sampul dan kertasnya tipis sehingga mudah koyak.
8.      Di setiap awal bab tidak ada tujuan pembahasan mengenai materi yang akan dibahas dalam materi tersebut.


E. KONTRIBUSI UNTUK GURU PAI
Sumbangan buku ini untuk seorang Guru PAI adalah untuk memperkaya referensi di bidang strategi pembelajaran. Selain itu, buku ini juga dimaksudkn untuk membina dan mengembangkan kemampuan seorang Guru atau pendidik bagaimana menggunakan strategi dan metode pembelajaran yang benar, bagaimana agar dapat mengelola kelas dengan baik, menggunakan media pembelajaran yang tepat dan cocok, menumbuhkan keterampilan-keterampilan yang harus dimiliki seorang pendidik, yaitu keterampilan bertanya, memberi penguatan, mengadakan variasi, menjelaskan, membuka dan menutup pelajaran, membimbing diskusi kelompok, mengelola kelas dengan baik, dan mengelola kelompok kecil dan perorangan. Itulah manfaat dari buku ini yang sangat bermanfaat bagi seorang pendidik. Mengajar iyu memerlukan suatu strategi belajar mengajar yang sesuai. Mutu pengajaran tergantung pada pemilihan strategi yang tepat dalam upaya mengembangkan kreativitas dan sikap inovatif subjek didik. Untuk itu perlu dibina dan dikembangkan kemampuan professional guru untuk mengelola program pengajaran dengan strategi belajar yang kaya dengan variasi.
Maka dari itu, menurut saya buku ini sangat penting khusunya bagi seorang pendidik. Alasannya penting karena jika guru sudah mampu megelola kelas dengan baik dengan menggunakan strategi pembelajaran yang baik maka pembelajaran akan efektif dan tujuan pembelajaran akan tercapai dengan maksimal.



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Pembuatan RPP