CBR 2
Nama :
DEWI NAFISAH NASUTION
Sem / Jur :
IV / PAI-4
Nim :
0301171307
Mata Kuliah :
STRATEGI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK
Dosen Pengampu : Dr. H.
MARDIANTO, M.Pd
CRITICAL BOOK REPORT
A.
IDENTITAS BUKU
Judul : Strategi
Pembelajaran
Penulis : Dr.
Wahyudin Nur Nasution, M.Ag.
Penerbit : Perdana
Publishing
B.
ISI BUKU
Buku ini terdiri dari 9 bab, dimana Bab 1 berisi tentang
pendahuluan. Bab 2 membahas tentang hakikat strategi pembelajaran, dalam bab
ini menjabarkan tentang apa pengertian dari strategi pembelajaran, apa saja
komponen komponen di dalamnya, Bagaimana prinsip-prinsip penggunaan strategi
pembelajaran dan bagaimana prosedur umum pembelajaran. Bab 3 membahas tentang
sistem pembelajaran dalam standar proses pendidikan, yang di dalamnya terkait
dengan apa itu sistem, pembelajaran, dan faktor – faktor apa saja yang dapat
mempengaruhi sistem pembelajaran serta bagaimana standar proses pendidikan. Bab
4 membahas tentang keterampilan dasar mengajar yang didalamnya dijabarkan lagi
apa saja keterampilan-keterampilan yang harus dikuasai seorang pendidik. Bab 5
membahas tentang media dalam proses pembelajaran, dalam bab ini membahas
tentang apa itu media pembelajaran, manfaatnya, klasifikasinya, bagaimana
kriteria untuk memilih media yang tepat, apa prinsip-prinsip dalam
menggunakannya dan bagaimana langkah – langkah dalam menggunakan media
tersebut. Bab 6 membahas tentang pembelajaran efektif, apa itu pembelajaran
efektif, apa saja indikatornya, apa saja prinsip-prinsip belajar pada
pemblejaran ini dan bagaimana menjadi pendidik yang efektif. Bab 7 membahas
tentang cara belajar siswa aktif, apa hakikat cara belajar siswa aktif dan apa
prinsip-prinsipnya. Bab 8 membahas tentang jenis-jenis strategi pembelajaran,
dalam buku ini ada 8 jenis strategi pembelajaran. Bab 9 atau bab yang terakhir
membahas tentang jenis-jenis metode pembelajaran, ada 7 macam yang di bahas
dalam buku ini.
C. KELEBIHAN BUKU
1.
Halaman
terakhir pada buku ini ada daftar riwayat hidup penulis.
2.
Identitas
buku ini lengkap.
3.
Menyajikan
tulisan dengan ukuran yang tepat.
4.
Pembahasan
pada sub bab spesifik, langsung pada intinya.
5.
Materi
disajikan secara rapi dan terstruktur sehingga memudahkan pembaca dalam mencari
informasi yang akan dicarinya.
6.
Terdapat
daftar pustaka yang terdiri dari banyak sekali referensi.
7.
Dari
cara penyajiannya buku ini terdapat kata pengantar, daftar isi, daftar pustaka,
bab dan sub-bab materi yang akan dijelaskan.
D. KEKURANGAN BUKU
1.
Tidak
ada kesimpulan di setiap akhir bab.
2.
Tidak
terdapat gambar di dalam buku sehingga membuat pembaca bosan dan minat membaca
menjadi kurang.
3.
Bentuk
sampul dan kertasnya tipis sehingga mudah koyak.
8.
Di
setiap awal bab tidak ada tujuan pembahasan mengenai materi yang akan dibahas
dalam materi tersebut.
E. KONTRIBUSI UNTUK GURU PAI
Sumbangan buku ini untuk seorang Guru PAI adalah untuk memperkaya
referensi di bidang strategi pembelajaran. Selain itu, buku ini juga dimaksudkn
untuk membina dan mengembangkan kemampuan seorang Guru atau pendidik bagaimana
menggunakan strategi dan metode pembelajaran yang benar, bagaimana agar dapat
mengelola kelas dengan baik, menggunakan media pembelajaran yang tepat dan
cocok, menumbuhkan keterampilan-keterampilan yang harus dimiliki seorang
pendidik, yaitu keterampilan bertanya, memberi penguatan, mengadakan variasi,
menjelaskan, membuka dan menutup pelajaran, membimbing diskusi kelompok,
mengelola kelas dengan baik, dan mengelola kelompok kecil dan perorangan.
Itulah manfaat dari buku ini yang sangat bermanfaat bagi seorang pendidik. Mengajar
iyu memerlukan suatu strategi belajar mengajar yang sesuai. Mutu pengajaran
tergantung pada pemilihan strategi yang tepat dalam upaya mengembangkan
kreativitas dan sikap inovatif subjek didik. Untuk itu perlu dibina dan
dikembangkan kemampuan professional guru untuk mengelola program pengajaran
dengan strategi belajar yang kaya dengan variasi.
Maka dari itu, menurut saya buku ini sangat penting khusunya bagi
seorang pendidik. Alasannya penting karena jika guru sudah mampu megelola kelas
dengan baik dengan menggunakan strategi pembelajaran yang baik maka
pembelajaran akan efektif dan tujuan pembelajaran akan tercapai dengan
maksimal.
Mantap. Semangat dewi. Semoga berkah ilmunya ;)
BalasHapusAamiin
HapusSyukron ca, smoga bermanfaat