Silabus Akidah Akhlak kelas VII Mts
Madrasah :
MTs
Mata Pelajaran : Akidah-Akhlak
Kelas / Semester : VIII / I
Standar Kompetensi : Akidah
1. Meningkatkan keimanan
kepada kitab-kitab Allah SWT
NO
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Teknik Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
|
1.1
|
Menjelaskan pengertian beriman kepada kitab-kitab Allah
SWT.
|
Iman kepada kitab-kitab Allah SWT.
|
Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk dapat
menjelaskan pengertian beriman kepada kitab-kitab Allah SWT dengan benar.
|
Menjelaskan pengertian beriman kepada kitab-kitab Allah
SWT.
|
Tes
tulis
|
1 x 40
|
Buku Teks
Nara Sumber
|
|
Menunjukkan
dalil naqli tentang beriman kepada kitab-kitab Allah SWT.
|
Tes
tulis
|
||||||
|
1.2
|
Menunjukkan bukti/dalil kebenaran adanya kitab-kitab
Allah SWT
|
Bukti/dalil kebenaran adanya kitab-kitab Allah SWT.
|
Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk menemukan
bukti/dalil kebenaran adanya kitab-kitab Allah SWT
|
Menyebutkan bukti/dalil adanya kebenaran adanya
kitab-kitab Allah SWT melalui berbagai literatur
|
Penugasan
|
1 x 40
|
|
|
Menyebutkan bukti/dalil adanya kebenaran adanya
kitab-kitab Allah SWT melalui dalil naqli.
|
Penugasan
|
||||||
|
1.3
|
Menjelaskan macam, fungsi dan isi kitab Allah
|
Macam, fungsi dan isi kitab Allah
|
Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk
menjelaskan macam, fungsi dan isi kitab Allah
|
Menunjukkan
nama-nama kitab Allah SWT beserta rasul yang menerimanya
|
Tes
Lisan
|
1 x 40
|
|
|
Menyebutkan fungsi dan isi pokok dari
kitab-kitab Allah.
|
Tes
Lisan
|
|
1.4
|
Menampilkan perilaku yang mencerminkan beriman kepada
Kitab Allah SWT.
|
Perilaku yang mencerminkan beriman epada Kitab Allah
SWT.
|
Menunjukkan sikap yang mencerminkan beriman kepada
Kitab Allah SWT
|
Menampikan
sikap mencintai Al-Quran sebagai kitab Allah SWT
|
Tes
tulis
|
1 x 40
|
|
|
Menjadikan
al-Quran sebagai sumber hukum dan pedoman dalam kehidupan sehari-hari.
|
Tes
tulis
|
Standar Kompetensi : 2. Menerapkan akhlak terpuji kepada
diri sendiri
NO
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Teknik Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
|
2.1
|
Menjelaskan pengertian dan pentingnya tawakkal,
ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah
|
Akhlak terpuji pada diri sendiri (tawakkal, ikhtiyar,
sabar, syukur dan qana’ah)
|
Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk dapat
menjelaskan pengertian dan pentingnya tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan
qana’ah
|
Menjelaskan pengertian dan pentingnya tawakkal
|
Tes tulis
|
1 x 40
|
Buku Teks
Nara Sumber
|
|
Menjelaskan pengertian dan pentingnya ikhtiyar
|
Tes tulis
|
||||||
|
Menjelaskan pengertian dan pentingnya sabar
|
Tes tulis
|
||||||
|
Menjelaskan pengertian dan pentingnya syukur
|
Tes tulis
|
||||||
|
Menjelaskan pengertian dan pentingnya qana’ah
|
Tes tulis
|
||||||
|
2.2
|
Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perilaku
tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah
|
Bentuk dan contoh-contoh perilaku tawakkal, ikhtiyar,
sabar, syukur dan qana’ah
|
Mengamati lingkungan sekitar untuk mengenali bentuk dan contoh-contoh sikap tawakkal,
ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah
|
Menyebutkan contoh-contoh sikap tawakkal, ikhtiyar,
sabar, syukur dan qana’ah
|
Tes
Lisan
|
2 x 40
|
Buku Teks
Nara Sumber
|
|
Menunjukkan ciri-ciri orang yang memiliki sikap tawakkal,
ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah
|
Tes
Lisan
|
|
2.3
|
Menunjukkan nilai-nilai positif dari tawakkal,
ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah dalam fenomena kehidupan
|
Nilai-nilai positif dari tawakkal, ikhtiyar, sabar,
syukur dan qana’ah
|
Mengamati lingkungan sekitar untuk menunjukkan
nilai-nilai positif dari tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah dalam
fenomena kehidupan
|
Menyebutkan nilai-nilai positif dari tawakkal dalam
fenomena kehidupan
|
Penugasan
|
1 x 40
|
Buku Teks
Nara Sumber
|
|
Menyebutkan nilai-nilai positif dari ikhtiyar dalam
fenomena kehidupan
|
Penugasan
|
||||||
|
Menyebutkan nilai-nilai positif dari sabar dalam
fenomena kehidupan
|
Penugasan
|
||||||
|
Menyebutkan nilai-nilai positif dari syukur dalam
fenomena kehidupan
|
Penugasan
|
||||||
|
Menyebutkan nilai-nilai positif dari qana’ah dalam
fenomena kehidupan
|
Penugasan
|
||||||
|
2.4
|
Membiasakan perilaku tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur
dan qana’ah
|
Perilaku tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah
|
Mempraktikkan perilaku terpuji (tawakkal, ikhtiyar, sabar,
syukur dan qana’ah) bersama teman-teman dan
guru-gurunya di sekolah.
|
Menunjukkan contoh sikap tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah dalam lingkungan keluarga.
|
Portofolio
|
2 x 40
|
Buku Teks
Nara Sumber
|
|
Menunjukkan contoh sikap tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah dalam lingkungan sekolah.
|
Portofolio
|
||||||
|
Menunjukkan contoh sikap tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan
qana’ah dalam lingkungan masyarakat.
|
Portofolio
|
Standar Kompetensi : 3. Menghindari akhlak tercela kepada
diri sendiri
NO
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Teknik Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
|
3.1
|
Menjelaskan pengertian ananiah, putus asa, ghadhab,
tamak dan takabbur
|
Akhlak tercela kepada Allah (ananiah, putus asa,
ghadhab, tamak dan takabbur)
|
Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk dapat
menjelaskan pengertian ananiah, putus asa, ghadhab, tamak dan takabbur
|
Menjelaskan pengertian ananiah
|
Tes tulis
|
1 x 40’
|
Buku Teks
Nara Sumber
|
|
Menjelaskan pengertian putus asa
|
Tes tulis
|
||||||
|
Menjelaskan pengertian ghadhab
|
Tes tulis
|
||||||
|
Menjelaskan pengertian tamak
|
Tes tulis
|
||||||
|
Menjelaskan pengertian takabbur
|
Tes tulis
|
||||||
|
3.2
|
Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perbuatan
ananiah, putus asa, ghadhab, tamak dan takabbur
|
Bentuk dan contoh-contoh perbuatan ananiah, putus asa,
ghadhab, tamak dan takabbur
|
Mengamati lingkungan sekitar untuk mengenali bentuk dan contoh-contoh perbuatan ananiah,
putus asa, ghadhab, tamak dan takabbur
|
Menyebutkan bentuk dan contoh-contoh perbuatan ananiah,
putus asa, ghadhab, tamak dan takabbur
|
Tes lisan
|
2 x 40’
|
Buku Teks
Nara Sumber
|
|
Menunjukkan ciri-ciri orang yang memiliki perbuatan
ananiah, putus asa, ghadhab, tamak dan takabbur
|
Tes lisan
|
||||||
|
3.3
|
Menunjukkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan
ananiah, putus asa, ghadhab, tamak dan takabbur dalam fenomena kehidupan
|
Nilai-nilai negatif akibat perbuatan ananiah, putus
asa, ghadhab, tamak dan takabbur
|
Mengamati lingkungan sekitar untuk menunjukkan
nilai-nilai negatif akibat perbuatan ananiah, putus asa, ghadhab, tamak dan
takabbur dalam fenomena kehidupan
|
Menyebutkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan
ananiah dalam fenomena kehidupan
|
Penugasan
|
1 x 40’
|
Buku Teks
Nara Sumber
|
|
Menyebutkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan putus
asa dalam fenomena kehidupan
|
Penugasan
|
||||||
|
Menyebutkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan
ghadhab dalam fenomena kehidupan
|
Penugasan
|
||||||
|
Menyebutkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan tamak
dalam fenomena kehidupan
|
Penugasan
|
||||||
|
Menyebutkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan
takabbur dalam fenomena kehidupan
|
Penugasan
|
||||||
|
3.4
|
Membiasakan diri menghindari hal-hal yang mengarah pada
perbuatan ananiah, putus asa, ghadhab, tamak dan takabbur.
|
Hal-hal yang mengarah pada perbuatan ananiah, putus
asa, ghadhab, tamak dan takabbur.
|
Mengidentifikasi hal-hal yang mengarah pada perbuatan ananiah, putus asa,
ghadhab, tamak dan takabbur sehingga ia berusaha
untuk menghindarinya.
|
Menghindari
perbuatan ananiah, putus asa, ghadhab, tamak dan
takabbur dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan
keluarga
|
Portofolio
|
2 x 40’
|
Buku Teks
Nara Sumber
|
|
Menghindari perbuatan ananiah,
putus asa, ghadhab, tamak dan takabbur dalam
kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah.
|
Portofolio
|
||||||
|
Menghindari perbuatan ananiah,
putus asa, ghadhab, tamak dan takabbur dalam
kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat.
|
Portofolio
|
Madrasah :
MTs
Mata Pelajaran : Akidah-Akhlak
Kelas / Semester : VIII / II
Standar Kompetensi : Akidah
4. Meningkatkan keimanan kepada Rasul-rasul Allah
NO
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Teknik Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
|
4.1
|
Menjelaskan pengertian dan pentingnya beriman kepada
Rasul-rasul Allah SWT.
|
Iman kepada Rasul-rasul Allah SWT.
|
Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk dapat
menjelaskan pengertian beriman kepada kitab-kitab Allah SWT dengan benar.
|
Menjelaskan pengertian dan pentingnya beriman kepada
Rasul-rasul Allah SWT
|
Tes tulis
|
2 x 40’
|
Buku Teks
Nara Sumber
|
|
Menunjukkan
dalil naqli tentang beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT
|
Tes tulis
|
||||||
|
Menunjukkan
nama-nama Rasul yang wajib diketahui dan diimani.
|
Tes tulis
|
||||||
|
4.2
|
Menunjukkan bukti/dalil kebenaran adanya Rasul-rasul
Allah SWT.
|
Bukti/dalil kebenaran adanya Rasul-rasul Allah SWT.
|
Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk menemukan
bukti/dalil kebenaran adanya Rasul-rasul Allah SWT.
|
Menyebutkan bukti/dalil adanya kebenaran adanya
Rasul-rasul Allah SWT melalui berbagai literatur
|
Penugasan
|
||
|
Menyebutkan bukti/dalil adanya kebenaran adanya
Rasul-rasul Allah SWT melalui dalil naqli.
|
Penugasan
|
||||||
|
4.3
|
Menguraikan sifat-sifat Rasul-rasul Allah SWT
.
|
Sifat-sifat Rasul-rasul Allah SWT
|
Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk
menjelaskan sifat-sifat Rasul-rasul Allah SWT yang terdiri dari sifat wajib,
mustahil dan jaiz
|
Menjelaskan sifat-sifat wajib, mustahil dan jaiz bagi
Rasul-rasul Allah SWT.
|
Tes lisan
|
2 x 40’
|
Buku Teks
Nara Sumber
|
|
Menjelaskan pengertian Ulul Azmi.
|
Tes lisan
|
||||||
|
Menunjukkan nama-nama Rasul Ulul Azmi.
|
Tes lisan
|
||||||
|
Menjelaskan sifat-sifat Rasul Ulul Azmi.
|
Tes lisan
|
||||||
|
4.4
|
Menampilkan perilaku yang mencerminkan beriman kepada
rasul-rasul Allah dan mencintai Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan
|
|
Menunjukkan sikap yang mencerminkan beriman kepada rasul-rasul Allah dan mencintai Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan
|
Menunjukkan
contoh sifat siddiq dalam kehidupan
|
Self assesment
|
||
|
Menunjukkan
contoh sifat amanah dalam kehidupan
|
Self assesment
|
||||||
|
Menunjukkan
contoh sifat tabligh dalam kehidupan
|
Self assesment
|
||||||
|
Menunjukkan contoh sifat fathonah dalam
kehidupan
|
Self assesment
|
Standar Kompetensi : 5. Memahami mu’jizat dan kejadian luar
biasa lainnya (karomah, maunah, dan irhash)
NO
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Teknik Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
|
5.1
|
Menjelaskan pengertian mu’jizat dan kejadian luar biasa
lainnya (karomah, maunah, dan irhash)
|
Mu’jizat dan kejadian luar biasa lainnya (karomah,
maunah, dan irhash)
|
Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk dapat
menjelaskan pengertian mu’jizat dan kejadian luar biasa lainnya (karomah,
maunah, dan irhash)
|
Menjelaskan pengertian mu’jizat dan contohnya
|
Tes tulis
|
2 x 40’
|
Buku Teks
Nara Sumber
|
|
Menjelaskan pengertian karomah dan contohnya
|
Tes tulis
|
||||||
|
Menjelaskan pengertian maunah dan contohnya
|
Tes tulis
|
||||||
|
Menjelaskan pengertian irhash dan contohnya
|
Tes tulis
|
||||||
|
5.2
|
Menunjukkan hikmah adanya mu’jizat dan kejadian luar
biasa lainnya (karomah, maunah, dan irhash) bagi rasul-rasul Allah dan
orang-orang pilihan Allah
|
Hikmah adanya mu’jizat dan kejadian luar biasa lainnya
(karomah, maunah, dan irhash) bagi rasul-rasul Allah dan orang-orang pilihan
Allah
|
Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk dapat
menunjukkan hikmah adanya mu’jizat dan kejadian luar biasa lainnya (karomah,
maunah, dan irhash) bagi rasul-rasul Allah dan orang-orang pilihan Allah
|
Menyebutkan hikmah adanya mu’jizat
|
Penugasan
|
||
|
Menyebutkan hikmah adanya karomah
|
Penugasan
|
||||||
|
Menyebutkan hikmah adanya maunah
|
Penugasan
|
||||||
|
Menyebutkan hikmah adanya irhash
|
Penugasan
|
Standar Kompetensi : Akhlak
6. Menerapkan akhlak
terpuji kepada sesama
NO
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Teknik Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
|
6.1
|
Menjelaskan pengertian dan pentingnya husnudz dzon,
tawadlu’, tasamuh dan ta’awun
|
Akhlak terpuji pada sesama (husnudz dzon, tawadlu’,
tasamuh dan ta’awun)
|
Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk dapat
menjelaskan pengertian dan pentingnya husnudz dzon, tawadlu’, tasamuh dan
ta’awun
|
Menjelaskan pengertian dan pentingnya husnudz dzon
|
Tes tulis
|
2 x 40
|
Buku Teks
Nara Sumber
|
|
Menjelaskan pengertian dan pentingnyatawadlu
|
Tes tulis
|
||||||
|
Menjelaskan pengertian dan pentingnya tasamuh
|
Tes tulis
|
||||||
|
Menjelaskan pengertian dan pentingnya ta’awun
|
Tes tulis
|
||||||
|
6.2
|
Mengidentifikasi bentuk dan contoh perilaku husnudz
dzon, tawadlu’, tasamuh dan ta’awun
|
Bentuk dan contoh perilaku husnudz dzon, tawadlu’,
tasamuh dan ta’awun
|
Mengamati lingkungan sekitar untuk mengenali bentuk dan contoh-contoh sikap husnudz
dzon, tawadlu’, tasamuh dan ta’awun
|
Menyebutkan bentuk dan contoh-contoh sikap husnudz
dzon, tawadlu’, tasamuh dan ta’awun
|
Tes lisan
|
||
|
Menunjukkan ciri-ciri orang yang memiliki sikap husnudz
dzon, tawadlu’, tasamuh dan ta’awun
|
Tes lisan
|
||||||
|
6.3
|
Menunjukkan nilai-nilai positif dari husnudz dzon,
tawadlu’, tasamuh dan ta’awun dalam fenomena kehidupan
|
Nilai-nilai positif dari husnudz dzon, tawadlu’,
tasamuh dan ta’awun
|
Mengamati lingkungan sekitar untuk menunjukkan
nilai-nilai positif dari husnudz dzon, tawadlu’, tasamuh dan ta’awun dalam
fenomena kehidupan
|
Menyebutkan nilai-nilai positif dari husnudz dzon dalam
fenomena kehidupan
|
Penugasan
|
2 x 40
|
Buku Teks
Nara Sumber
|
|
Menyebutkan nilai-nilai positif dari tawadlu’ dalam
fenomena kehidupan
|
Penugasan
|
||||||
|
Menyebutkan nilai-nilai positif dari tasamuh dalam
fenomena kehidupan
|
Penugasan
|
||||||
|
Menyebutkan nilai-nilai positif dari ta’awun dalam
fenomena kehidupan
|
Penugasan
|
|
6.4
|
Membiasakan perilaku husnudz dzon, tawadlu’, tasamuh
dan ta’awun
|
Perilaku husnudz dzon, tawadlu’, tasamuh dan ta’awun
|
Mempraktikkan perilaku terpuji (husnudz dzon, tawadlu’,
tasamuh dan ta’awun) bersama teman-teman dan
guru-gurunya di sekolah.
|
Menunjukkan sikap husnudz dzon kepada sesama.
|
Self assesment
|
|
|
|
Menunjukkan sikap tawadlu’ kepada sesama.
|
Self assesment
|
||||||
|
Menunjukkan sikap tasamuh kepada sesama.
|
Self assesment
|
||||||
|
Menunjukkan sikap ta’awun kepada sesama.
|
Self assesment
|
Standar Kompetensi : 7. Menghindari akhlak tercela kepada
diri sendiri
NO
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Teknik Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
|
7.1
|
Menjelaskan pengertian hasad, dendam, ghibah, fitnah
dan namimah
|
Akhlak tercela kepada Allah (hasad, dendam, ghibah,
fitnah dan namimah)
|
Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk dapat
menjelaskan pengertian hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namimah
|
Menjelaskan pengertian hasad
|
Tes tulis
|
1 x 40’
|
Buku Teks
Nara Sumber
|
|
Menjelaskan pengertian dendam
|
Tes tulis
|
||||||
|
Menjelaskan pengertian ghibah
|
Tes tulis
|
||||||
|
Menjelaskan pengertian fitnah
|
Tes tulis
|
||||||
|
Menjelaskan pengertian namimah
|
Tes tulis
|
||||||
|
7.2
|
Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perbuatan
hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namimah
|
Bentuk dan contoh-contoh perbuatan hasad, dendam,
ghibah, fitnah dan namimah
|
Mengamati lingkungan sekitar untuk mengenali bentuk dan contoh-contoh perbuatan hasad,
dendam, ghibah, fitnah dan namimah
|
Menyebutkan bentuk dan contoh-contoh perbuatan hasad,
dendam, ghibah, fitnah dan namimah
|
Tes lisan
|
2 x 40’
|
Buku Teks
Nara Sumber
|
|
Menunjukkan ciri-ciri orang yang memiliki perbuatan
hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namimah
|
Tes lisan
|
||||||
|
7.3
|
Menunjukkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan hasad,
dendam, ghibah, fitnah dan namimah dalam
fenomena kehidupan
|
Nilai-nilai negatif akibat perbuatan hasad, dendam,
ghibah, fitnah dan namimah
|
Mengamati lingkungan sekitar untuk menunjukkan
nilai-nilai negatif akibat perbuatan hasad, dendam, ghibah, fitnah dan
namimah dalam fenomena kehidupan
|
Menyebutkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan hasad
dalam fenomena kehidupan
|
Penugasan
|
1 x 40’
|
Buku Teks
Nara Sumber
|
|
Menyebutkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan dendam
dalam fenomena kehidupan
|
Penugasan
|
||||||
|
Menyebutkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan ghibah
dalam fenomena kehidupan
|
Penugasan
|
||||||
|
Menyebutkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan fitnah
dalam fenomena kehidupan
|
Penugasan
|
||||||
|
Menyebutkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan
namimah dalam fenomena kehidupan
|
Penugasan
|
||||||
|
7.4
|
Membiasakan diri menghindari hal-hal yang mengarah pada
perbuatan hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namimah.
|
Hal-hal yang mengarah pada perbuatan hasad, dendam,
ghibah, fitnah dan namimah.
|
Mengidentifikasi hal-hal yang mengarah pada perbuatan hasad, dendam,
ghibah, fitnah dan namimah sehingga ia berusaha
untuk menghindarinya.
|
Menghindari
hal-hal yang mengarah pada perbuatan hasad,
dendam, ghibah, fitnah dan namimah.
|
Self assesment
|
2 x 40’
|
Buku Teks
Nara Sumber
|
|
Menghindari perbuatan hasad,
dendam, ghibah, fitnah dan namimah dalam kehidupan
sehari-hari di lingkungan keluarga
|
Self assesment
|
||||||
|
Menghindari
perbuatan hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namimah dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah.
|
Self assesment
|
||||||
|
Menghindari
perbuatan hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namimah dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat.
|
Self assesment
|
Komentar
Posting Komentar