Silabus Akidah Akhlak kelas VII Mts


Madrasah                   : MTs 
Mata Pelajaran          : Akidah-Akhlak
Kelas / Semester       : VIII / I

Standar Kompetensi : Akidah
1. Meningkatkan keimanan kepada kitab-kitab Allah SWT

NO

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator
Teknik Penilaian
Alokasi

Waktu

Sumber
Belajar

1

2
3

4

5
6
7
8
1.1
Menjelaskan pengertian beriman kepada kitab-kitab Allah SWT.
Iman kepada kitab-kitab Allah SWT.
Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk dapat menjelaskan pengertian beriman kepada kitab-kitab Allah SWT dengan benar.
Menjelaskan pengertian beriman kepada kitab-kitab Allah SWT.
Tes tulis
1 x 40
Buku Teks
Nara Sumber
Menunjukkan dalil naqli tentang beriman kepada kitab-kitab Allah SWT.
Tes tulis
1.2
Menunjukkan bukti/dalil kebenaran adanya kitab-kitab Allah SWT
Bukti/dalil kebenaran adanya kitab-kitab Allah SWT.
Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk menemukan bukti/dalil kebenaran adanya kitab-kitab Allah SWT
Menyebutkan bukti/dalil adanya kebenaran adanya kitab-kitab Allah SWT melalui berbagai literatur
Penugasan
1 x 40
Menyebutkan bukti/dalil adanya kebenaran adanya kitab-kitab Allah SWT melalui dalil naqli.
Penugasan
1.3
Menjelaskan macam, fungsi dan isi kitab Allah
Macam, fungsi dan isi kitab Allah
Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk menjelaskan macam, fungsi dan isi kitab Allah
Menunjukkan nama-nama kitab Allah SWT beserta rasul yang menerimanya
Tes Lisan
1 x 40
Menyebutkan fungsi dan isi pokok dari kitab-kitab Allah.
Tes Lisan


1.4
Menampilkan perilaku yang mencerminkan beriman kepada Kitab Allah SWT.
Perilaku yang mencerminkan beriman epada Kitab Allah SWT.
Menunjukkan sikap yang mencerminkan beriman kepada Kitab Allah SWT
Menampikan sikap mencintai Al-Quran sebagai kitab Allah SWT
Tes tulis
1 x 40

Menjadikan al-Quran sebagai sumber hukum dan pedoman dalam kehidupan sehari-hari.
Tes tulis


Standar Kompetensi : 2. Menerapkan akhlak terpuji kepada diri sendiri

NO

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator
Teknik Penilaian
Alokasi

Waktu

Sumber
Belajar

1

2
3

4

5
6
7
8
2.1
Menjelaskan pengertian dan pentingnya tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah
Akhlak terpuji pada diri sendiri (tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah)
Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk dapat menjelaskan pengertian dan pentingnya tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah
Menjelaskan pengertian dan pentingnya tawakkal
Tes tulis
1 x 40
Buku Teks
Nara Sumber
Menjelaskan pengertian dan pentingnya ikhtiyar
Tes tulis
Menjelaskan pengertian dan pentingnya sabar
Tes tulis
Menjelaskan pengertian dan pentingnya syukur
Tes tulis
Menjelaskan pengertian dan pentingnya qana’ah
Tes tulis
2.2
Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perilaku tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah
Bentuk dan contoh-contoh perilaku tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah
Mengamati lingkungan sekitar untuk mengenali  bentuk dan contoh-contoh sikap tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah
Menyebutkan contoh-contoh sikap tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah
Tes Lisan
2 x 40
Buku Teks
Nara Sumber
Menunjukkan ciri-ciri orang yang memiliki sikap tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah
Tes Lisan


2.3
Menunjukkan nilai-nilai positif dari tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah dalam fenomena kehidupan
Nilai-nilai positif dari tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah
Mengamati lingkungan sekitar untuk menunjukkan nilai-nilai positif dari tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah dalam fenomena kehidupan
Menyebutkan nilai-nilai positif dari tawakkal dalam fenomena kehidupan
Penugasan
1 x 40
Buku Teks
Nara Sumber
Menyebutkan nilai-nilai positif dari ikhtiyar dalam fenomena kehidupan
Penugasan
Menyebutkan nilai-nilai positif dari sabar dalam fenomena kehidupan
Penugasan
Menyebutkan nilai-nilai positif dari syukur dalam fenomena kehidupan
Penugasan
Menyebutkan nilai-nilai positif dari qana’ah dalam fenomena kehidupan
Penugasan
2.4
Membiasakan perilaku tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah
Perilaku tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah
Mempraktikkan perilaku terpuji (tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah) bersama teman-teman dan guru-gurunya di sekolah.
Menunjukkan contoh sikap tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah dalam lingkungan keluarga.
Portofolio
2 x 40
Buku Teks
Nara Sumber
Menunjukkan contoh sikap tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah dalam lingkungan sekolah.
Portofolio
Menunjukkan contoh sikap tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah dalam lingkungan masyarakat.
Portofolio


Standar Kompetensi : 3. Menghindari akhlak tercela kepada diri sendiri

NO

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator
Teknik Penilaian
Alokasi

Waktu

Sumber
Belajar

1

2
3

4

5
6
7
8
3.1
Menjelaskan pengertian ananiah, putus asa, ghadhab, tamak dan takabbur
Akhlak tercela kepada Allah (ananiah, putus asa, ghadhab, tamak dan takabbur)
Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk dapat menjelaskan pengertian ananiah, putus asa, ghadhab, tamak dan takabbur
Menjelaskan pengertian ananiah
Tes tulis
1 x 40’
Buku Teks
Nara Sumber
Menjelaskan pengertian putus asa
Tes tulis
Menjelaskan pengertian ghadhab
Tes tulis
Menjelaskan pengertian tamak
Tes tulis
Menjelaskan pengertian takabbur
Tes tulis
3.2
Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perbuatan ananiah, putus asa, ghadhab, tamak dan takabbur
Bentuk dan contoh-contoh perbuatan ananiah, putus asa, ghadhab, tamak dan takabbur
Mengamati lingkungan sekitar untuk mengenali  bentuk dan contoh-contoh perbuatan ananiah, putus asa, ghadhab, tamak dan takabbur
Menyebutkan bentuk dan contoh-contoh perbuatan ananiah, putus asa, ghadhab, tamak dan takabbur
Tes lisan
2 x 40’
Buku Teks
Nara Sumber
Menunjukkan ciri-ciri orang yang memiliki perbuatan ananiah, putus asa, ghadhab, tamak dan takabbur
Tes lisan
3.3
Menunjukkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan ananiah, putus asa, ghadhab, tamak dan takabbur dalam  fenomena kehidupan
Nilai-nilai negatif akibat perbuatan ananiah, putus asa, ghadhab, tamak dan takabbur
Mengamati lingkungan sekitar untuk menunjukkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan ananiah, putus asa, ghadhab, tamak dan takabbur dalam  fenomena kehidupan
Menyebutkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan ananiah dalam  fenomena kehidupan
Penugasan
1 x 40’
Buku Teks
Nara Sumber
Menyebutkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan putus asa dalam  fenomena kehidupan
Penugasan
Menyebutkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan ghadhab dalam  fenomena kehidupan
Penugasan
Menyebutkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan tamak dalam  fenomena kehidupan
Penugasan
Menyebutkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan takabbur dalam  fenomena kehidupan
Penugasan
3.4
Membiasakan diri menghindari hal-hal yang mengarah pada perbuatan ananiah, putus asa, ghadhab, tamak dan takabbur.
Hal-hal yang mengarah pada perbuatan ananiah, putus asa, ghadhab, tamak dan takabbur.
Mengidentifikasi hal-hal yang mengarah pada perbuatan ananiah, putus asa, ghadhab, tamak dan takabbur sehingga ia berusaha untuk menghindarinya.
Menghindari perbuatan ananiah, putus asa, ghadhab, tamak dan takabbur dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan keluarga
Portofolio
2 x 40’
Buku Teks
Nara Sumber
Menghindari perbuatan ananiah, putus asa, ghadhab, tamak dan takabbur dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah.
Portofolio
Menghindari perbuatan ananiah, putus asa, ghadhab, tamak dan takabbur dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat.
Portofolio


Madrasah                   : MTs 
Mata Pelajaran          : Akidah-Akhlak
Kelas / Semester       : VIII / II

Standar Kompetensi : Akidah
 4. Meningkatkan keimanan kepada Rasul-rasul Allah

NO

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator
Teknik Penilaian
Alokasi

Waktu

Sumber
Belajar

1

2
3

4

5
6
7
8
4.1
Menjelaskan pengertian dan pentingnya beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT.
Iman kepada Rasul-rasul Allah SWT.
Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk dapat menjelaskan pengertian beriman kepada kitab-kitab Allah SWT dengan benar.
Menjelaskan pengertian dan pentingnya beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT
Tes tulis
2 x 40’
Buku Teks
Nara Sumber
Menunjukkan dalil naqli tentang beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT
Tes tulis
Menunjukkan nama-nama Rasul yang wajib diketahui dan diimani.
Tes tulis
4.2
Menunjukkan bukti/dalil kebenaran adanya Rasul-rasul Allah SWT.
Bukti/dalil kebenaran adanya Rasul-rasul Allah SWT.
Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk menemukan bukti/dalil kebenaran adanya Rasul-rasul Allah SWT.
Menyebutkan bukti/dalil adanya kebenaran adanya Rasul-rasul Allah SWT melalui berbagai literatur
Penugasan
Menyebutkan bukti/dalil adanya kebenaran adanya Rasul-rasul Allah SWT melalui dalil naqli.
Penugasan
4.3
Menguraikan sifat-sifat Rasul-rasul Allah SWT
.
Sifat-sifat Rasul-rasul Allah SWT
Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk menjelaskan sifat-sifat Rasul-rasul Allah SWT yang terdiri dari sifat wajib, mustahil dan jaiz

Menjelaskan sifat-sifat wajib, mustahil dan jaiz bagi Rasul-rasul Allah SWT.
Tes lisan
2 x 40’
Buku Teks
Nara Sumber
Menjelaskan pengertian Ulul Azmi.
Tes lisan
Menunjukkan nama-nama Rasul Ulul Azmi.
Tes lisan
Menjelaskan sifat-sifat Rasul Ulul Azmi.
Tes lisan
4.4
Menampilkan perilaku yang mencerminkan beriman kepada rasul-rasul Allah dan mencintai Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan


Menunjukkan sikap yang mencerminkan beriman kepada rasul-rasul Allah dan mencintai Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan
Menunjukkan contoh sifat siddiq dalam kehidupan
Self assesment
Menunjukkan contoh sifat amanah dalam kehidupan
Self assesment
Menunjukkan contoh sifat tabligh dalam kehidupan
Self assesment
Menunjukkan contoh sifat fathonah dalam kehidupan
Self assesment


Standar Kompetensi : 5. Memahami mu’jizat dan kejadian luar biasa lainnya (karomah, maunah, dan irhash)

NO

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator
Teknik Penilaian
Alokasi

Waktu

Sumber
Belajar

1

2
3

4

5
6
7
8
5.1
Menjelaskan pengertian mu’jizat dan kejadian luar biasa lainnya (karomah, maunah, dan irhash)
Mu’jizat dan kejadian luar biasa lainnya (karomah, maunah, dan irhash)
Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk dapat menjelaskan pengertian mu’jizat dan kejadian luar biasa lainnya (karomah, maunah, dan irhash)
Menjelaskan pengertian mu’jizat dan contohnya
Tes tulis
2 x 40’
Buku Teks
Nara Sumber
Menjelaskan pengertian karomah dan contohnya
Tes tulis
Menjelaskan pengertian maunah dan contohnya
Tes tulis
Menjelaskan pengertian irhash dan contohnya
Tes tulis
5.2
Menunjukkan hikmah adanya mu’jizat dan kejadian luar biasa lainnya (karomah, maunah, dan irhash) bagi rasul-rasul Allah dan orang-orang pilihan Allah
Hikmah adanya mu’jizat dan kejadian luar biasa lainnya (karomah, maunah, dan irhash) bagi rasul-rasul Allah dan orang-orang pilihan Allah
Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk dapat menunjukkan hikmah adanya mu’jizat dan kejadian luar biasa lainnya (karomah, maunah, dan irhash) bagi rasul-rasul Allah dan orang-orang pilihan Allah
Menyebutkan hikmah adanya mu’jizat
Penugasan
Menyebutkan hikmah adanya karomah
Penugasan
Menyebutkan hikmah adanya maunah
Penugasan
Menyebutkan hikmah adanya irhash
Penugasan


Standar Kompetensi : Akhlak
6. Menerapkan akhlak terpuji kepada sesama

NO

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator
Teknik Penilaian
Alokasi

Waktu

Sumber
Belajar

1

2
3

4

5
6
7
8
6.1
Menjelaskan pengertian dan pentingnya husnudz dzon, tawadlu’, tasamuh dan ta’awun
Akhlak terpuji pada sesama (husnudz dzon, tawadlu’, tasamuh dan ta’awun)
Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk dapat menjelaskan pengertian dan pentingnya husnudz dzon, tawadlu’, tasamuh dan ta’awun
Menjelaskan pengertian dan pentingnya husnudz dzon
Tes tulis
2 x 40
Buku Teks
Nara Sumber
Menjelaskan pengertian dan pentingnyatawadlu
Tes tulis
Menjelaskan pengertian dan pentingnya tasamuh
Tes tulis
Menjelaskan pengertian dan pentingnya ta’awun
Tes tulis
6.2
Mengidentifikasi bentuk dan contoh perilaku husnudz dzon, tawadlu’, tasamuh dan ta’awun
Bentuk dan contoh perilaku husnudz dzon, tawadlu’, tasamuh dan ta’awun
Mengamati lingkungan sekitar untuk mengenali  bentuk dan contoh-contoh sikap husnudz dzon, tawadlu’, tasamuh dan ta’awun
Menyebutkan bentuk dan contoh-contoh sikap husnudz dzon, tawadlu’, tasamuh dan ta’awun
Tes lisan
Menunjukkan ciri-ciri orang yang memiliki sikap husnudz dzon, tawadlu’, tasamuh dan ta’awun
Tes lisan
6.3
Menunjukkan nilai-nilai positif dari husnudz dzon, tawadlu’, tasamuh dan ta’awun dalam fenomena kehidupan
Nilai-nilai positif dari husnudz dzon, tawadlu’, tasamuh dan ta’awun
Mengamati lingkungan sekitar untuk menunjukkan nilai-nilai positif dari husnudz dzon, tawadlu’, tasamuh dan ta’awun dalam fenomena kehidupan
Menyebutkan nilai-nilai positif dari husnudz dzon dalam fenomena kehidupan
Penugasan
2 x 40
Buku Teks
Nara Sumber
Menyebutkan nilai-nilai positif dari tawadlu’ dalam fenomena kehidupan
Penugasan
Menyebutkan nilai-nilai positif dari tasamuh dalam fenomena kehidupan
Penugasan
Menyebutkan nilai-nilai positif dari ta’awun dalam fenomena kehidupan
Penugasan


6.4
Membiasakan perilaku husnudz dzon, tawadlu’, tasamuh dan ta’awun
Perilaku husnudz dzon, tawadlu’, tasamuh dan ta’awun
Mempraktikkan perilaku terpuji (husnudz dzon, tawadlu’, tasamuh dan ta’awun) bersama teman-teman dan guru-gurunya di sekolah.
Menunjukkan sikap husnudz dzon kepada sesama.
Self assesment


Menunjukkan sikap tawadlu’ kepada sesama.
Self assesment
Menunjukkan sikap tasamuh kepada sesama.
Self assesment
Menunjukkan sikap ta’awun kepada sesama.
Self assesment



Standar Kompetensi : 7. Menghindari akhlak tercela kepada diri sendiri

NO

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator
Teknik Penilaian
Alokasi

Waktu

Sumber
Belajar

1

2
3

4

5
6
7
8
7.1
Menjelaskan pengertian hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namimah
Akhlak tercela kepada Allah (hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namimah)
Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk dapat menjelaskan pengertian hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namimah
Menjelaskan pengertian hasad
Tes tulis
1 x 40’
Buku Teks
Nara Sumber
Menjelaskan pengertian dendam
Tes tulis
Menjelaskan pengertian ghibah
Tes tulis
Menjelaskan pengertian fitnah
Tes tulis
Menjelaskan pengertian namimah

Tes tulis
7.2
Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perbuatan hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namimah
Bentuk dan contoh-contoh perbuatan hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namimah
Mengamati lingkungan sekitar untuk mengenali  bentuk dan contoh-contoh perbuatan hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namimah
Menyebutkan bentuk dan contoh-contoh perbuatan hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namimah
Tes lisan
2 x 40’
Buku Teks
Nara Sumber
Menunjukkan ciri-ciri orang yang memiliki perbuatan hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namimah

Tes lisan
7.3
Menunjukkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namimah dalam  fenomena kehidupan
Nilai-nilai negatif akibat perbuatan hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namimah
Mengamati lingkungan sekitar untuk menunjukkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namimah dalam  fenomena kehidupan
Menyebutkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan hasad dalam  fenomena kehidupan
Penugasan
1 x 40’
Buku Teks
Nara Sumber
Menyebutkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan dendam dalam  fenomena kehidupan
Penugasan
Menyebutkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan ghibah dalam  fenomena kehidupan
Penugasan
Menyebutkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan fitnah dalam  fenomena kehidupan
Penugasan
Menyebutkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan namimah dalam  fenomena kehidupan
Penugasan
7.4
Membiasakan diri menghindari hal-hal yang mengarah pada perbuatan hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namimah.
Hal-hal yang mengarah pada perbuatan hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namimah.
Mengidentifikasi hal-hal yang mengarah pada perbuatan hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namimah sehingga ia berusaha untuk menghindarinya.
Menghindari hal-hal yang mengarah pada perbuatan hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namimah.
Self assesment
2 x 40’
Buku Teks
Nara Sumber
Menghindari perbuatan hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namimah dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan keluarga
Self assesment
Menghindari perbuatan hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namimah dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah.
Self assesment
Menghindari perbuatan hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namimah dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat.
Self assesment

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Pembuatan RPP

CBR 2