Silabus Akidah Akhlak kelas IX Mts
Madrasah :
MTs
Mata Pelajaran : Akidah-Akhlak
Kelas / Semester : IX / I
Standar
Kompetensi : Akidah
1. Meningkatkan keimanan kepada hari akhir dan
alam gaib yang masih berhubungan dengan hari akhir
NO
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Teknik Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
1.1
|
Menjelaskan pengertian beriman kepada hari akhir.
|
beriman kepada hari akhir.
|
Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk dapat
menjelaskan pengertian beriman kepada
beriman kepada hari akhir dengan benar.
|
Menjelaskan pengertian beriman kepada hari akhir
|
Tes
tulis
|
1 x 40’
|
Buku Teks
Nara Sumber
|
Menunjukkan dalil naqli
tentang beriman kepada hari akhir
|
Tes
tulis
|
||||||
1.2
|
Menunjukkan bukti/dalil kebenaran akan terjadinya hari
akhir.
|
Bukti/dalil kebenaran akan terjadinya hari akhir.
|
Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk menemukan
bukti/dalil kebenaran akan terjadinya hari akhir.
|
Menyebutkan bukti/dalil adanya kebenaran akan
terjadinya hari akhir melalui berbagai literatur
|
Penugasan
|
2 x 40’
|
Buku Teks
Nara Sumber
|
Menyebutkan bukti/dalil adanya kebenaran akan
terjadinya hari akhir melalui dalil naqli.
|
Penugasan
|
||||||
1.3
|
Menjelaskan berbagai tanda dan peristiwa yang
berhubungan dengan hari akhir.
|
Tanda dan peristiwa yang berhubungan dengan hari akhir.
|
Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk
menjelaskan berbagai tanda dan peristiwa yang berhubungan dengan hari akhir.
|
Menyebutkan tanda-tanda yang berhubungan dengan hari
akhir.
Menyebutkan peristiwa yang berhubungan dengan hari
akhir.
|
Tes lisan
|
1 x 40’
|
Buku Teks
Nara Sumber
|
Tes lisan
|
1.4
|
Menjelaskan macam-macam alam ghaib yang berhubungan dengan
hari akhir
|
Macam-macam alam ghaib yang berhubungan dengan hari
akhir
|
Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk
menjelaskan macam-macam alam ghaib yang berhubungan dengan hari akhir
|
Menyebutkan macam-macam alam ghaib yang berhubungan
dengan hari akhir
|
Tes lisan
|
2 x 40’
|
Buku Teks
Nara Sumber
|
Menunjukkan dalil naqli tentang macam-macam alam ghaib
yang berhubungan dengan hari akhir
|
Tes lisan
|
||||||
1.5
|
Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan
terhadap Hari Akhir
|
Perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir
|
Menunjukkan sikap yang mencerminkan keimanan terhadap
Hari Akhir
|
Menunjukkan contoh orang-orang yang
beriman pada Hari Akhir
|
Tes tulis
|
2 x 40’
|
Buku Teks
Nara Sumber
|
Menunjukkan manfaat beriman pada Hari Akhir
|
Tes tulis
|
Standar
Kompetensi : Akhlak
2. Menerapkan
akhlak terpuji kepada diri sendiri
NO
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Teknik Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
2.1
|
Menjelaskan pengertian dan pentingnya berilmu, kerja
keras, kreatif dan produktif
|
Akhlak terpuji pada diri sendiri (berilmu, kerja keras,
kreatif dan produktif)
|
Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk dapat
menjelaskan pengertian dan pentingnya berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif
|
Menjelaskan pengertian dan pentingnya berilmu
|
Tes tulis
|
2 x 40
|
Buku Teks
Nara Sumber
|
Menjelaskan pengertian dan pentingnya kerja keras
|
Tes tulis
|
||||||
Menjelaskan pengertian dan pentingnya kreatif
|
Tes tulis
|
||||||
Menjelaskan pengertian dan pentingnya produktif
|
Tes tulis
|
||||||
2.2
|
Mengidentifikasi bentuk dan contoh perilaku berilmu,
kerja keras, kreatif dan produktif
|
Bentuk dan contoh perilaku berilmu, kerja keras,
kreatif dan produktif
|
Mengamati lingkungan sekitar untuk mengenali bentuk dan contoh-contoh sikap berilmu,
kerja keras, kreatif dan produktif
|
Menyebutkan bentuk dan contoh-contoh sikap berilmu,
kerja keras, kreatif dan produktif
|
Tes lisan
|
2 x 40
|
Buku Teks
Nara Sumber
|
Menunjukkan ciri-ciri orang yang memiliki sikap
berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif
|
Tes lisan
|
2.3
|
Menunjukkan nilai-nilai positif dari berilmu, kerja
keras, kreatif dan produktif dalam fenomena kehidupan
|
Nilai-nilai positif dari berilmu, kerja keras, kreatif
dan produktif
|
Mengamati lingkungan sekitar untuk menunjukkan
nilai-nilai positif dari berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif dalam
fenomena kehidupan
|
Menyebutkan nilai-nilai positif dari berilmu dalam
fenomena kehidupan
|
Penugasan
|
2 x 40
|
Buku Teks
Nara Sumber
|
Menyebutkan nilai-nilai positif dari kerja keras dalam
fenomena kehidupan
|
Penugasan
|
||||||
Menyebutkan nilai-nilai positif dari kreatif dalam
fenomena kehidupan
|
Penugasan
|
||||||
Menyebutkan nilai-nilai positif dari produktif dalam
fenomena kehidupan
|
Penugasan
|
||||||
2.4
|
Membiasakan perilaku berilmu, kerja keras, kreatif dan
produktif
|
Perilaku berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif
|
Mempraktikkan perilaku terpuji (berilmu, kerja keras, kreatif dan
produktif) bersama teman-teman dan guru-gurunya di
sekolah.
|
Menunjukkan contoh sikap berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif
dalam lingkungan keluarga.
|
Self assesment
|
2 x 40
|
Buku Teks
Nara Sumber
|
Menunjukkan contoh sikap berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif
dalam lingkungan sekolah.
|
Self assesment
|
||||||
Menunjukkan contoh sikap berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif
dalam lingkungan masyarakat.
|
Self assesment
|
Madrasah :
MTs
Mata Pelajaran : Akidah-Akhlak
Kelas / Semester : IX / II
Standar
Kompetensi : Akidah
3. Meningkatkan keimanan kepada Qadla’ dan Qadar
NO
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Teknik Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
3.1
|
Menjelaskan pengertian beriman kepada Qadla’ dan Qadar.
|
Iman kepada Qadla’ dan Qadar.
|
Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk dapat
menjelaskan pengertian beriman kepada
beriman kepada Qadla’ dan Qadar.dengan benar.
|
Menjelaskan pengertian beriman kepada Qadla’ dan Qadar.
|
Tes tulis
|
1 x 40’
|
Buku Teks
Nara Sumber
|
Menunjukkan
dalil naqli tentang beriman kepada Qadla’ dan Qadar.
|
Tes tulis
|
||||||
Menjelaskan
perbedaan antara qadha dan qadar Allah.
|
Tes tulis
|
||||||
Menjelaskan
hubungan antara qadha dan qadar Allah.
|
Tes tulis
|
||||||
Menyebutkan contoh-contoh qadha
dan qadar Allah seperti disebutkan dalam al-Quran.
|
Tes tulis
|
||||||
3.2
|
Menunjukkan bukti/dalil kebenaran akan adanya Qadla’
dan Qadar
|
Bukti/dalil kebenaran akan adanya Qadla’ dan Qadar
|
Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk menemukan
bukti/dalil kebenaran akan adanya Qadla’ dan Qadar
|
Menyebutkan bukti/dalil adanya kebenaran akan adanya
Qadla’ dan Qadar melalui berbagai literatur
|
Penugasan
|
1 x 40’
|
Buku Teks
Nara Sumber
|
Menyebutkan bukti/dalil adanya kebenaran akan adanya
Qadla’ dan Qadar melalui dalil naqli.
|
Penugasan
|
||||||
3.3
|
Menjelaskan berbagai tanda dan peristiwa yang
berhubungan dengan Qadla’ dan Qadar
|
Tanda dan peristiwa yang berhubungan dengan Qadla’ dan
Qadar
|
Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk
menjelaskan berbagai tanda dan peristiwa yang berhubungan dengan Qadla’ dan
Qadar
|
Menyebutkan tanda-tanda yang berhubungan dengan Qadla’
dan Qadar.
|
Tes tulis
|
2 x 40’
|
Buku Teks
Nara Sumber
|
Menyebutkan peristiwa yang berhubungan dengan Qadla’
dan Qadar.
|
Tes tulis
|
||||||
3.4
|
Menunjukkan ciri-ciri perilaku orang yang beriman
kepada qadha dan qadar Allah
|
Ciri-ciri perilaku orang yang beriman kepada qadha dan
qadar Allah
|
Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk
menunjukkan ciri-ciri perilaku orang yang beriman kepada qadha dan qadar
Allah
|
Menunjukkan ciri-ciri perilaku orang yang beriman
kepada qadha Allah
|
Penugasan
|
2 x 40’
|
Buku Teks
Nara Sumber
|
Menunjukkan ciri-ciri perilaku orang yang beriman
kepada qadar Allah
|
Penugasan
|
||||||
3.5
|
Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan
terhadap qadha dan qadar Allah
|
Perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap qadha dan
qadar Allah
|
Menunjukkan sikap yang mencerminkan keimanan terhadap
terhadap qadha dan qadar Allah
|
Menunjukkan contoh sikap yang mencerminkan keimanan terhadap qadha Allah
|
Self assesment
|
2 x 40’
|
Buku Teks
Nara Sumber
|
Menunjukkan contoh sikap yang mencerminkan keimanan terhadap qadar Allah
|
Self assesment
|
Standar
Kompetensi : Akhlak
4. Menerapkan akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
NO
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Teknik Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
4.1
|
Menjelaskan pengertian dan pentingnya akhlak terpuji
dalam pergaulan remaja
|
Akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
|
Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk dapat
menjelaskan pengertian dan pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
|
Menjelaskan pengertian akhlak terpuji dalam pergaulan
remaja
|
Tes tulis
|
2 x 40
|
Buku Teks
Nara Sumber
|
Menjelaskan pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan
remaja
|
Tes tulis
|
||||||
4.2
|
Mengidentifikasi bentuk dan contoh akhlak terpuji dalam
pergaulan remaja
|
Bentuk dan contoh akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
|
Mengamati lingkungan sekitar untuk mengenali bentuk dan contoh-contoh akhlak terpuji
dalam pergaulan remaja
|
Menyebutkan bentuk dan contoh-contoh akhlak terpuji
dalam pergaulan remaja
|
Tes lisan
|
2 x 40
|
Buku Teks
Nara Sumber
|
Menunjukkan ciri-ciri orang yang memiliki akhlak
terpuji dalam pergaulan remaja
|
Tes lisan
|
||||||
4.3
|
Menunjukkan nilai-nilai positif dari akhlak terpuji
dalam pergaulan remaja dalam fenomena kehidupan
|
Nilai-nilai positif dari akhlak terpuji dalam pergaulan
remaja dalam fenomena kehidupan
|
Mengamati lingkungan sekitar untuk menunjukkan
nilai-nilai positif dari akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dalam fenomena
kehidupan
|
Menyebutkan nilai-nilai positif dari akhlak terpuji
dalam pergaulan remaja dalam fenomena kehidupan
|
Tes tulis
|
2 x 40
|
Buku Teks
Nara Sumber
|
Menyebutkan nilai-nilai positif dari kerja keras dalam
fenomena kehidupan
|
Tes tulis
|
||||||
Menyebutkan nilai-nilai positif dari kreatif dalam
fenomena kehidupan
|
Tes lisan
|
||||||
Menyebutkan nilai-nilai positif dari produktif dalam
fenomena kehidupan
|
Tes lisan
|
4.4
|
Membiasakan akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
|
Perilaku berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif
|
Mempraktikkan perilaku terpuji (berilmu, kerja keras,
kreatif dan produktif) bersama teman-teman dan
guru-gurunya di sekolah.
|
Menunjukkan contoh sikap berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif
dalam lingkungan keluarga.
|
Tes tulis
|
2 x 40
|
Buku Teks
Nara Sumber
|
Menunjukkan contoh sikap berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif
dalam lingkungan sekolah.
|
Tes tulis
|
||||||
Menunjukkan contoh sikap berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif
dalam lingkungan masyarakat.
|
Tes lisan
|
Komentar
Posting Komentar