Silabus Akidah Akhlak kelas IX Mts


Madrasah                   : MTs 
Mata Pelajaran          : Akidah-Akhlak
Kelas / Semester       : IX / I

Standar Kompetensi           : Akidah
1. Meningkatkan keimanan kepada hari akhir dan alam gaib yang masih berhubungan dengan hari akhir

NO

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator
Teknik Penilaian
Alokasi

Waktu

Sumber
Belajar

1

2
3

4

5
6
7
8
1.1
Menjelaskan pengertian beriman kepada hari akhir.
beriman kepada hari akhir.
Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk dapat menjelaskan pengertian beriman kepada  beriman kepada hari akhir dengan benar.
Menjelaskan pengertian beriman kepada hari akhir
Tes tulis
1 x 40’
Buku Teks
Nara Sumber
Menunjukkan dalil naqli tentang beriman kepada hari akhir
Tes tulis
1.2
Menunjukkan bukti/dalil kebenaran akan terjadinya hari akhir.
Bukti/dalil kebenaran akan terjadinya hari akhir.
Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk menemukan bukti/dalil kebenaran akan terjadinya hari akhir.
Menyebutkan bukti/dalil adanya kebenaran akan terjadinya hari akhir melalui berbagai literatur
Penugasan
2 x 40’
Buku Teks
Nara Sumber
Menyebutkan bukti/dalil adanya kebenaran akan terjadinya hari akhir melalui dalil naqli.
Penugasan
1.3
Menjelaskan berbagai tanda dan peristiwa yang berhubungan dengan hari akhir.
Tanda dan peristiwa yang berhubungan dengan hari akhir.
Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk menjelaskan berbagai tanda dan peristiwa yang berhubungan dengan hari akhir.

Menyebutkan tanda-tanda yang berhubungan dengan hari akhir.
Menyebutkan peristiwa yang berhubungan dengan hari akhir.
Tes lisan
1 x 40’
Buku Teks
Nara Sumber
Tes lisan


1.4
Menjelaskan macam-macam alam ghaib yang berhubungan dengan hari akhir
Macam-macam alam ghaib yang berhubungan dengan hari akhir
Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk menjelaskan macam-macam alam ghaib yang berhubungan dengan hari akhir
Menyebutkan macam-macam alam ghaib yang berhubungan dengan hari akhir
Tes lisan
2 x 40’
Buku Teks
Nara Sumber
Menunjukkan dalil naqli tentang macam-macam alam ghaib yang berhubungan dengan hari akhir
Tes lisan
1.5
Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir

Perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir
Menunjukkan sikap yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir
Menunjukkan contoh orang-orang yang beriman  pada Hari Akhir
Tes tulis
2 x 40’
Buku Teks
Nara Sumber
Menunjukkan manfaat beriman  pada Hari Akhir

Tes tulis


Standar Kompetensi           : Akhlak
2. Menerapkan akhlak terpuji kepada diri sendiri

NO

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator
Teknik Penilaian
Alokasi

Waktu

Sumber
Belajar

1

2
3

4

5
6
7
8
2.1
Menjelaskan pengertian dan pentingnya berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif
Akhlak terpuji pada diri sendiri (berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif)
Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk dapat menjelaskan pengertian dan pentingnya berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif
Menjelaskan pengertian dan pentingnya berilmu
Tes tulis
2 x 40
Buku Teks
Nara Sumber
Menjelaskan pengertian dan pentingnya kerja keras
Tes tulis
Menjelaskan pengertian dan pentingnya kreatif
Tes tulis
Menjelaskan pengertian dan pentingnya produktif

Tes tulis
2.2
Mengidentifikasi bentuk dan contoh perilaku berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif
Bentuk dan contoh perilaku berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif
Mengamati lingkungan sekitar untuk mengenali  bentuk dan contoh-contoh sikap berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif
Menyebutkan bentuk dan contoh-contoh sikap berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif
Tes lisan
2 x 40
Buku Teks
Nara Sumber
Menunjukkan ciri-ciri orang yang memiliki sikap berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif

Tes lisan


2.3
Menunjukkan nilai-nilai positif dari berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif dalam fenomena kehidupan
Nilai-nilai positif dari berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif
Mengamati lingkungan sekitar untuk menunjukkan nilai-nilai positif dari berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif dalam fenomena kehidupan
Menyebutkan nilai-nilai positif dari berilmu dalam fenomena kehidupan
Penugasan
2 x 40
Buku Teks
Nara Sumber
Menyebutkan nilai-nilai positif dari kerja keras dalam fenomena kehidupan
Penugasan
Menyebutkan nilai-nilai positif dari kreatif dalam fenomena kehidupan
Penugasan
Menyebutkan nilai-nilai positif dari produktif dalam fenomena kehidupan
Penugasan
2.4
Membiasakan perilaku berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif
Perilaku berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif
Mempraktikkan perilaku terpuji (berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif) bersama teman-teman dan guru-gurunya di sekolah.
Menunjukkan contoh sikap berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif dalam lingkungan keluarga.
Self assesment
2 x 40
Buku Teks
Nara Sumber
Menunjukkan contoh sikap berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif dalam lingkungan sekolah.
Self assesment
Menunjukkan contoh sikap berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif dalam lingkungan masyarakat.

Self assesment
        


Madrasah                   : MTs 
Mata Pelajaran          : Akidah-Akhlak
Kelas / Semester       : IX / II


Standar Kompetensi           : Akidah
3. Meningkatkan keimanan kepada Qadla’ dan Qadar

NO

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator
Teknik Penilaian
Alokasi

Waktu

Sumber
Belajar

1

2
3

4

5
6
7
8
3.1
Menjelaskan pengertian beriman kepada Qadla’ dan Qadar.
Iman kepada Qadla’ dan Qadar.
Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk dapat menjelaskan pengertian beriman kepada  beriman kepada Qadla’ dan Qadar.dengan benar.
Menjelaskan pengertian beriman kepada Qadla’ dan Qadar.
Tes tulis
1 x 40’
Buku Teks
Nara Sumber
Menunjukkan dalil naqli tentang beriman kepada Qadla’ dan Qadar.
Tes tulis
Menjelaskan perbedaan antara qadha dan qadar Allah.
Tes tulis
Menjelaskan hubungan antara qadha dan qadar Allah.
Tes tulis
Menyebutkan contoh-contoh qadha dan qadar Allah seperti disebutkan dalam al-Quran.
Tes tulis
3.2
Menunjukkan bukti/dalil kebenaran akan adanya Qadla’ dan Qadar
Bukti/dalil kebenaran akan adanya Qadla’ dan Qadar
Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk menemukan bukti/dalil kebenaran akan adanya Qadla’ dan Qadar
Menyebutkan bukti/dalil adanya kebenaran akan adanya Qadla’ dan Qadar melalui berbagai literatur
Penugasan
1 x 40’
Buku Teks
Nara Sumber
Menyebutkan bukti/dalil adanya kebenaran akan adanya Qadla’ dan Qadar melalui dalil naqli.
Penugasan
3.3
Menjelaskan berbagai tanda dan peristiwa yang berhubungan dengan Qadla’ dan Qadar
Tanda dan peristiwa yang berhubungan dengan Qadla’ dan Qadar
Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk menjelaskan berbagai tanda dan peristiwa yang berhubungan dengan Qadla’ dan Qadar
Menyebutkan tanda-tanda yang berhubungan dengan Qadla’ dan Qadar.
Tes tulis
2 x 40’
Buku Teks
Nara Sumber
Menyebutkan peristiwa yang berhubungan dengan Qadla’ dan Qadar.
Tes tulis
3.4
Menunjukkan ciri-ciri perilaku orang yang beriman kepada qadha dan qadar Allah
Ciri-ciri perilaku orang yang beriman kepada qadha dan qadar Allah
Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk menunjukkan ciri-ciri perilaku orang yang beriman kepada qadha dan qadar Allah
Menunjukkan ciri-ciri perilaku orang yang beriman kepada qadha Allah
Penugasan
2 x 40’
Buku Teks
Nara Sumber
Menunjukkan ciri-ciri perilaku orang yang beriman kepada qadar Allah
Penugasan
3.5
Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap qadha dan qadar Allah
Perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap qadha dan qadar Allah
Menunjukkan sikap yang mencerminkan keimanan terhadap terhadap qadha dan qadar Allah
Menunjukkan contoh sikap yang mencerminkan keimanan terhadap qadha Allah
Self assesment
2 x 40’
Buku Teks
Nara Sumber
Menunjukkan contoh sikap yang mencerminkan keimanan terhadap qadar Allah
Self assesment


Standar Kompetensi           : Akhlak
4. Menerapkan akhlak terpuji dalam pergaulan remaja

NO

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator
Teknik Penilaian
Alokasi

Waktu

Sumber
Belajar

1

2
3

4

5
6
7
8
4.1
Menjelaskan pengertian dan pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
Akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk dapat menjelaskan pengertian dan pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
Menjelaskan pengertian akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
Tes tulis
2 x 40
Buku Teks
Nara Sumber
Menjelaskan pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
Tes tulis
4.2
Mengidentifikasi bentuk dan contoh akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
Bentuk dan contoh akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
Mengamati lingkungan sekitar untuk mengenali  bentuk dan contoh-contoh akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
Menyebutkan bentuk dan contoh-contoh akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
Tes lisan
2 x 40
Buku Teks
Nara Sumber
Menunjukkan ciri-ciri orang yang memiliki akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
Tes lisan
4.3
Menunjukkan nilai-nilai positif dari akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dalam fenomena kehidupan
Nilai-nilai positif dari akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dalam fenomena kehidupan
Mengamati lingkungan sekitar untuk menunjukkan nilai-nilai positif dari akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dalam fenomena kehidupan
Menyebutkan nilai-nilai positif dari akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dalam fenomena kehidupan
Tes tulis

2 x 40
Buku Teks
Nara Sumber
Menyebutkan nilai-nilai positif dari kerja keras dalam fenomena kehidupan
Tes tulis

Menyebutkan nilai-nilai positif dari kreatif dalam fenomena kehidupan
Tes lisan
Menyebutkan nilai-nilai positif dari produktif dalam fenomena kehidupan
Tes lisan


4.4
Membiasakan akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
Perilaku berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif
Mempraktikkan perilaku terpuji (berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif) bersama teman-teman dan guru-gurunya di sekolah.
Menunjukkan contoh sikap berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif dalam lingkungan keluarga.
Tes tulis

2 x 40
Buku Teks
Nara Sumber
Menunjukkan contoh sikap berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif dalam lingkungan sekolah.
Tes tulis

Menunjukkan contoh sikap berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif dalam lingkungan masyarakat.
Tes lisan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Pembuatan RPP

CBR 2