CBR 1


CRITICAL BOOK REPORT

      A. IDENTITAS BUKU

Judul                : Strategi Belajar Mengajar                                                                
Penulis             : Dra. Sri Anitah Wiryawan dan Drs. Noorhadi Th.
Penerbit           : Karunika Universitas Terbuka



B. ISI BUKU

Buku ini terdiri dari 9 modul
Modul 1 “Strategi dan Metode Belajar Mengajar”
1.      Pengertian Strategi Belajar mengajar
2.      Metode-metode mengajar secara individual dan kelompok

Modul 2 “Model-Model Mengajar dan Penerapannya”
1.      Pengertian model mengajar
2.      Rumpun model pemrosesan informasi dan rumpun model mengajar pribadi
3.      Rumpun model interaksi sosial dan rumpun model perilaku
4.      Menilai kadar cara belajar siswa aktif dan model mengajar delikan

Modul 3 “Interaksi Belajar Mengajar”
1.      Penerapan unsur-unsur komunikasi dalam kegiatan interaksi belajar mengajar
2.      Model-model dan metode-metode interaksi belajar mengajar
3.      Cara-cara memotivasi siswa
4.      Komunikasi antarpribadi

Modul 4 “Kegiatan Belajar Mengajar”
1.      Langkah-langkah kegiatan instruksional
2.      Analisis tugas belajar
3.      Hubungan proses belajar dengan kegiatan instruksional
4.      Proses instruksional dengan menggunakan berbagai pendekatan dan model mengajar

Modul 5 “Pengelolaan Kelas”
1.      Arti pengelolaan kelas dan perbedaannya dengan masalah pengajaran
2.      Pendekatan dalam pengelolaan kelas
3.      Prosedur pengelolaan kelas
4.      Pengaturan lingkungan fisik kelas

Modul 6 “Media Pengajaran”
1.      Peranan media dalam proses belajar mengajar
2.      Media audio
3.      Media audio visual

Modul 7 “Pembuatan Media”
1.      Pembuatan media visual
2.      Pembuatan media audio
3.      Pembuatan media audio visual

Modul 8 dan 9 “Keterampilan Mengajar”


C. KELEBIHAN BUKU

      1. Menyajikan tulisan dengan ukuran yang tepat.

      2. Pembahasan pada sub bab spesifik, langsung pada intinya.

      3. Setiap bab ada rangkuman dari materi yang telah di paparkan dalam bab tersebut.

     4. Terdapat evaluasi di masing-masing akhir bab sehingga melatih pembaca untuk mengulas kembali pemahamannya mengenai materi yang telah di paparkan yaitu adanya tes formatif.

   5. Materi disajikan secara rapi dan terstruktur sehingga memudahkan pembaca dalam mencari informasi yang akan dicarinya.

     6. Terdapat daftar pustaka yang terdiri dari banyak sekali referensi.

     7. Dari cara penyajiannya buku ini terdapat prakarta, daftar isi, daftar pustaka, bab dan sub-bab materi yang akan dijelaskan.

     8. Di setiap awal bab, terdapat tujuan pembahasan mengenai materi yang akan dibahas dalam materi tersebut.

     9. Setiap akhir bab terdapat daftar pustaka dari materi yang dibahas, dan didalam materi yang saya kaji terdapat daftar pustaka dari banyak referensi.

      10. Adanya kunci jawaban dari evaluasi yang dipaparkan sebelumnya setiap bab.


D. KEKURANGAN BUKU

   1. Tidak terdapat gambar di dalam buku sehingga membuat pembaca bosan dan minat membaca menjadi kurang.
     2.   Bentuk sampul dan kertasnya tipis sehingga mudah koyak.


E. KONTRIBUSI UNTUK GURU PAI

Buku ini sangat bermanfaat untuk para guru khususnya Guru PAI, karena di dalam buku ini membahas tentang strategi belajar mengajar, macam-macam model mengajar, interaksi di dalam belajar mengajar, dan bagaimana cara mengelola kelas, serta membahas tentang keterampilan mengajar. Misi pendidikan adalah  mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan kualitas manusia seutuhnya yang menjadi tanggung jawab professional setiap guru. Guru tidak cukup hanya menyampaikan materi pengetahuan kepada siswa di kelas tetapi dituntut untuk meningkatkan kemampuan guna mendapatkan dan mengelola informasi yang sesuai dengan kebutuhan profesinya. Mengajar bukan lagi usaha untuk menyampaikan ilmu pengetahuan, melainkan juga usaha menciptakan sistem lingkungan yang membelajarkan subjek didik agar tujuan pengajaran dapat tercapai secara maksimal. Mengajar dalam pemahaman ini memerlukan suatu strategi belajar mengajar yang sesuai. Mutu pengajaran tergantung pada pemilihan strategi yang tepat dalam upaya mengembangkan kreativitas dan sikap inovatif subjek didik. Untuk itu perlu dibina dan dikembangkan kemampuan professional guru untuk mengelola program pengajaran dengan strategi belajar yang kaya dengan variasi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Pembuatan RPP

CBR 2