CBR 1
CRITICAL BOOK REPORT
A. IDENTITAS BUKU
Judul : Strategi
Belajar Mengajar
Penulis : Dra. Sri
Anitah Wiryawan dan Drs. Noorhadi Th.
Penerbit : Karunika
Universitas Terbuka
B. ISI BUKU
Buku ini terdiri dari 9 modul
Modul 1 “Strategi dan Metode Belajar Mengajar”
1.
Pengertian
Strategi Belajar mengajar
2.
Metode-metode
mengajar secara individual dan kelompok
Modul 2 “Model-Model Mengajar dan Penerapannya”
1.
Pengertian
model mengajar
2.
Rumpun
model pemrosesan informasi dan rumpun model mengajar pribadi
3.
Rumpun
model interaksi sosial dan rumpun model perilaku
4.
Menilai
kadar cara belajar siswa aktif dan model mengajar delikan
Modul 3 “Interaksi Belajar Mengajar”
1.
Penerapan
unsur-unsur komunikasi dalam kegiatan interaksi belajar mengajar
2.
Model-model
dan metode-metode interaksi belajar mengajar
3.
Cara-cara
memotivasi siswa
4.
Komunikasi
antarpribadi
Modul 4 “Kegiatan Belajar Mengajar”
1.
Langkah-langkah
kegiatan instruksional
2.
Analisis
tugas belajar
3.
Hubungan
proses belajar dengan kegiatan instruksional
4.
Proses
instruksional dengan menggunakan berbagai pendekatan dan model mengajar
Modul 5 “Pengelolaan Kelas”
1.
Arti
pengelolaan kelas dan perbedaannya dengan masalah pengajaran
2.
Pendekatan
dalam pengelolaan kelas
3.
Prosedur
pengelolaan kelas
4.
Pengaturan
lingkungan fisik kelas
Modul 6 “Media Pengajaran”
1.
Peranan
media dalam proses belajar mengajar
2.
Media
audio
3.
Media
audio visual
Modul 7 “Pembuatan Media”
1.
Pembuatan
media visual
2.
Pembuatan
media audio
3.
Pembuatan
media audio visual
Modul 8 dan 9 “Keterampilan Mengajar”
C. KELEBIHAN BUKU
1. Menyajikan
tulisan dengan ukuran yang tepat.
2. Pembahasan
pada sub bab spesifik, langsung pada intinya.
3. Setiap
bab ada rangkuman dari materi yang telah di paparkan dalam bab tersebut.
4. Terdapat
evaluasi di masing-masing akhir bab sehingga melatih pembaca untuk mengulas
kembali pemahamannya mengenai materi yang telah di paparkan yaitu adanya tes
formatif.
5. Materi
disajikan secara rapi dan terstruktur sehingga memudahkan pembaca dalam mencari
informasi yang akan dicarinya.
6. Terdapat
daftar pustaka yang terdiri dari banyak sekali referensi.
7. Dari
cara penyajiannya buku ini terdapat prakarta, daftar isi, daftar pustaka, bab
dan sub-bab materi yang akan dijelaskan.
8. Di
setiap awal bab, terdapat tujuan pembahasan mengenai materi yang akan dibahas
dalam materi tersebut.
9. Setiap
akhir bab terdapat daftar pustaka dari materi yang dibahas, dan didalam materi
yang saya kaji terdapat daftar pustaka dari banyak referensi.
10. Adanya
kunci jawaban dari evaluasi yang dipaparkan sebelumnya setiap bab.
D. KEKURANGAN BUKU
1. Tidak
terdapat gambar di dalam buku sehingga membuat pembaca bosan dan minat membaca
menjadi kurang.
2. Bentuk
sampul dan kertasnya tipis sehingga mudah koyak.
E. KONTRIBUSI UNTUK GURU PAI
Buku ini sangat bermanfaat untuk para guru khususnya Guru PAI,
karena di dalam buku ini membahas tentang strategi belajar mengajar,
macam-macam model mengajar, interaksi di dalam belajar mengajar, dan bagaimana
cara mengelola kelas, serta membahas tentang keterampilan mengajar. Misi
pendidikan adalah mencerdaskan kehidupan
bangsa dan mengembangkan kualitas manusia seutuhnya yang menjadi tanggung jawab
professional setiap guru. Guru tidak cukup hanya menyampaikan materi
pengetahuan kepada siswa di kelas tetapi dituntut untuk meningkatkan kemampuan
guna mendapatkan dan mengelola informasi yang sesuai dengan kebutuhan
profesinya. Mengajar bukan lagi usaha untuk menyampaikan ilmu pengetahuan,
melainkan juga usaha menciptakan sistem lingkungan yang membelajarkan subjek
didik agar tujuan pengajaran dapat tercapai secara maksimal. Mengajar dalam
pemahaman ini memerlukan suatu strategi belajar mengajar yang sesuai. Mutu
pengajaran tergantung pada pemilihan strategi yang tepat dalam upaya
mengembangkan kreativitas dan sikap inovatif subjek didik. Untuk itu perlu
dibina dan dikembangkan kemampuan professional guru untuk mengelola program
pengajaran dengan strategi belajar yang kaya dengan variasi.
Komentar
Posting Komentar